Charles, Charles (2020) Analisis Implementasi Critical Practice Terhadap Penilaian Orientasi Bisnis Proses di PT Telunjuk Komputasi Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (352kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (500kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (831kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (152kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (666kB) |
Abstract
PT Telunjuk Komputasi Indonesia (selanjutnya disebut sebagai PT Telunjuk) merupakan sebuah perusahaan e-commerce yang dibentuk pada tahun 2012 oleh Redya Febriyanto dan Hanindia Narendrata, dan merupakan sebuah search engine yang terpercaya, dengan Visi dan Misi untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mengambil keputusan saat berbelanja, dengan kata lain memberikan efisiensi waktu dalam mencari, memilih, dan membeli barang yang diinginkan. Untuk meningkatkan daya saing antar perusahaan e-commerce dilakukan penelitian menggunakan Business Process Management (BPM) dengan metode Business Process Maturity Model (BPMM) penelitian ini berfungsi untuk menilai dan memberi gambaran kondisi perusahaan berdasarkan 5 Critical Success Factor yang sudah ditentukan yaitu pandangan strategis perusahaan, pengukuran performa perusahaan, pelatihan dan pengembangan keahlian anggota perusahaan, perubahan dalam organisasi, serta penggunaan sistem informasi untuk mendukung perkembangan perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah dari hasil survei yang ditentukan dari BPMM yang mencakup delapan variable yaitu strategic view (sv), process definition and documentation (ddp), process measurement and management (mmp), process organizational sructure (pos), people management (uk), process organizational culture (pok), market orientation (tu), dan information system support (pip). Penelitian ini dapat menunjukkan beberapa critical practices (CP) sesuai dengan critical success factor (CSF) yang dapat ditingkatkan dalam operasional v perusahaan untuk meningkatkan orientasi bisnis proses PT Telunjuk. Praktik yang dapat ditingkatkan antara lain: Pandangan Strategis (Strategic View), Pengukuran Performa (Peformance Measurement), Pelatihan dan Pengembangan Anggota Perusahaan (Employee Training and Empowerment), Perubahan Organisasi (Organizational Changes), Dukungan Sistem Informasi (IS Support) Penulis menggunakan software Statistical Program for Social Science (SPSS) modeler dengan metode perhitungan Classification and Regression Tree (C&RT). Hasil penelitian menunjukkan prediksi C&RT terhadap CP yang dibutuhkan untuk peningkatan orientasi perusahaan, serta angka pemisahan dan skor dari orientasi bisnis proses perusahaan. Hasil tersebut dapat menentukan tingkat maturitas orientasi perusahaan berdasarkan model empat tingkatan maturitas McCormack dan Johnson. Hasil dari perhitungan diatas ditemukan 37 CP sesuai dengan CSF perusahaan yang dapat ditingkatkan tetapi hanya 21 CP yang mengalami peningkatan secara signifikan dalam hal ini adanya peningkatan di level maturity orientasi bisnis perusahaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 May 2021 04:28 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 08:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13283 |
Actions (login required)
View Item |