Strategi CRM untuk Membangun Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: PT Asuransi Manulife Indonesia)

Ivy, Ivy (2020) Strategi CRM untuk Membangun Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: PT Asuransi Manulife Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (397kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

STRATEGI CRM UNTUK MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus: PT Asuransi Manulife Indonesia) Memelihara hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal krusial bagi perusahaan, terlebih perusahaan asuransi yang asset utamanya ada pelanggan. Perusahaan menerapkan strategi CRM dengan harapan mendapatkan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini PT Asuransi Manulife Indonesia memaksimalkan para agennya didukung dengan aplikasi dari perusahaan untuk melayani nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi CRM Manulife Indonesia dalam membangun loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menggunakan model IDIC (Identifying customers, Differentiation customers, Interact with customers, dan Customize treatment). Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma post-positivistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara 4 partisipan dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi CRM Manulife Indonesia dengan model IDIC didukung dengan 3 komponen CRM, yaitu people, process, dan technology efektif dalam membangun loyalitas pelanggan. Pernyataan ini dibuktikan dari pembelian produk teratur, pembelian produk di luar lini, dan perekomendasian dari nasabah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Manulife Indonesia, Customer Relationship Management, Identifying, Differentiation, Interact, Customize, customer satisfaction, dan loyalitas
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 09:30
Last Modified: 27 Apr 2023 01:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item