Konsumsi Berita Melalui Youtube: Studi Kasus Generasi X dalam Menonton Tayangan Berita

Hermansyah, Kevin (2020) Konsumsi Berita Melalui Youtube: Studi Kasus Generasi X dalam Menonton Tayangan Berita. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (611kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (334kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (953kB)

Abstract

Oleh : Kevin Hermansyah Survei APJII 2017 menyatakan bahwa generasi X tetap mengakses berbagai layanan yang tersedia di internet. Terdapat generasi X 35-54 tahun 29,55% dan 54 > sebesar 4.24%. Beberapa generasi X turut menyumbangkan survey pada layanan yang diakses untuk melihat video sebesar 69,64% dan membaca artikel sebesar 55,30%, sementara untuk video edukasi sebesar 21.73%. Dalam hal ini, penelitian berupaya mencari pola konsumsi dalam mengakses video. Penelitian ini berupa studi kasus khalayak di Kelurahan Binong, Tangerang. Dengan menggunakan teori uses and gratifications, terlihat bagaimana khalayak mencari berita dengan motivasi sehingga dapat mencari pola konsumsi dalam menonton berita di YouTube. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumen review kepada enam key informan yang termasuk ke dalam generasi X. Hasil Penelitian ini yaitu pola konsumsi pada khalayak perkumpulan di Tangerang dipengaruhi oleh motivasi masing-masing khalayak. Apabila dalam keadaan yang rileks, khalayak dapat mengkonsumsi lebih banyak berita di YouTube. Serta khalayak mengakses informasi yang sama untuk menjalin pertemanan dengan khalayak lainnya untuk tetap menjaga motivasi konsumsi media dan menjaga silaturahmi dengan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pola Konsumsi, Berita, Generasi X, Media, YouTube
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 09:05
Last Modified: 26 Apr 2023 08:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item