Konsumsi Berita dan Pemahaman Digital Natives Tentang Berita Clickbait di Media Online

Glen Padeng, Daniel (2020) Konsumsi Berita dan Pemahaman Digital Natives Tentang Berita Clickbait di Media Online. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (530kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

KONSUMSI BERITA DAN PEMAHAMAN DIGITAL NATIVES TENTANG BERITA CLICKBAIT DI MEDIA ONLINE Oleh: Daniel Glen Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan judul clickbait oleh media online di Indonesia sebagai daya tarik agar pembaca mengonsumsinya. Kaum digital natives dipilih karena pada saat ini mereka lah yang banyak menggunakan internet sebagai alat untuk mendapatkan sumber informasi sehari-hari. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa digital natives melalui smartphone-nya banyak menggunakan fitur agregator berita dari aplikasi pesan instan Line yaitu Line Today dan portal berita online khususnya Tribunnews.com ketika mencari berita. Kedua media tersebut dianggap oleh digital natives sebagai tempat yang paling banyak ditemukan berita clickbait. Teori uses and gratifications digunakan dalam penelitian ini sebagai landasan teori untuk meneliti alasan digital natives memilih media online tertentu dalam mengonsumsi berita. Lalu terdapat konsep mengenai clickbait, digital natives dan motif mengonsumsi berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data in-depth interviews kepada 7 orang key informan yang merupakan khalayak digital natives dengan rentang usia 18-30 tahun. Hasil penelitian ini menemukan bahwa khalayak digital natives mengkonsumsi berita melalui smartphone-nya di pagi hari melalui media sosial maupun portal berita. Dari kedua media tersebut terdapat enam jenis judul clickbait yang sering dijumpai yaitu teasing, inflammatory, formatting, bait-andswitch, ambiguous, dan wrong. Berbagai judul clickbait tersebut dipersepsikan mereka sebagai sesuatu yang berdampak buruk bagi pembaca dan juga menurunkan kredibilitas media dan kualitas berita serta jurnalisme di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media online, judul berita clickbait, konsumsi berita, digital natives
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 08:29
Last Modified: 26 Apr 2023 03:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item