Analisis Pengaruh Internal Market Orientation terhadap Brand Knowledge dan Brand Identification serta Implikasinya terhadap Brand Enactment : Telaah pada Karyawan Front-line AEON Store BSD

Fei Ai, Liem (2020) Analisis Pengaruh Internal Market Orientation terhadap Brand Knowledge dan Brand Identification serta Implikasinya terhadap Brand Enactment : Telaah pada Karyawan Front-line AEON Store BSD. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (513kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Bagi Industri retail, servis merupakan salah satu competitive advantage. Oleh karena itu, penting bagi SDM untuk mampu menyalurkan janji brand kepada konsumen. Karyawan front-line AEON Store BSD saat ini belum mampu untuk menyamai standar pelayanan yang dijanjikan karena perbedaan kultur. Literatur saat ini, internal market orientation (IMO) dipercayai memiliki pengaruh positif dalam mencapai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh positif IMO terhadap brand knowledge, IMO terhadap brand identification, brand knowledge terhadap brand enactment, dan brand identification terhadap brand enactment. Penelitian ini dilakukan kepada karyawan front-line yang sudah bekerja minimal satu tahun di AEON Store BSD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu judgement sampling. Data yang terkumpul adalah sebanyak 115 responden yang didapatkan dari hasil menyebarkan kuesioner offline. Data yang terkumpul diolah dengan metode structural equation modelling (SEM) dengan AMOS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara IMO terhadap brand knowledge, IMO terhadap brand identification, dan brand knowledge terhadap brand enactment. Sedangkan, pengaruh brand identification terhadap brand enactment pada penelitian ini walaupun terbukti memiliki pengaruh signifikan, tapi tidak terbukti memiliki pengaruh yang positif. Berdasarkan hasil penelitian ini beserta penelitian terdahulu, peneliti menyarankan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang mampu pengaruh IMO dan brand knowledge dalam meningkatkan brand enactment karyawan front-line.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Ritel, Servis, Internal Market Orientation (IMO), Brand Knowledge, Brand Identification, Brand Enactment
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 001 Knowledge
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 08:10
Last Modified: 22 Jun 2023 01:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13401

Actions (login required)

View Item View Item