Komunikasi instruksional dengan metode maternal reflektif dalam mengejar ketertinggalan komunikasi anak tunarungu dari anak dengar seusianya (studi pada proses belajar mengajar di kelas p3a tklb santi rama)

Guntoro, Flaviana Giovani Natasha (2014) Komunikasi instruksional dengan metode maternal reflektif dalam mengejar ketertinggalan komunikasi anak tunarungu dari anak dengar seusianya (studi pada proses belajar mengajar di kelas p3a tklb santi rama). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (749kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (649kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi, maka setiap manusia tidak mungkin tidak berkomunikasi. Manusia dapat berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal, yang mana komunikasi verbal dan nonverbal antara dua orang atau lebih disebut sebagai komunikasi antarpribadi. Komunikasi verbal dan nonverbal tersebut mudah saja dilakukan, dimengerti dan dipahami oleh manusia normal dibanding oleh manusia yang mengalami disabilitas pendengaran atau tunarungu. Manusia tunarungu biasanya memiliki hambatan pula dalam berbahasa dan berbicara. Agar manusia tunarungu dapat mengejar ketertinggalannya dengan manusia dengar supaya dapat berbahasa, berkomunikasi dan memanfaatkan sisa pendengarannya, diperlukan kesadaran sedini mungkin pada orangtua sehingga dapat dilakukan pengajaran kepada manusia tunarungu dari usia sedini mungkin. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terhadap komunikasi instruksional dengan Metode Maternal Reflektif dalam mengejar ketertinggalan komunikasi anak tunarungu dari anak dengar seusianya (studi pada proses belajar mengajar di kelas P3A TKLB Santi Rama). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi instruksional dengan Metode Maternal Reflektif dalam mengejar ketertinggalan komunikasi anak tunarungu dari anak dengar seusianya (studi pada proses belajar mengajar di kelas P3A TKLB Santi Rama). Penelitian ini menggunakan teori akomodasi komunikasi. Metode yang peneliti digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan key informan, yaitu Ibu Maria Caecilia Soesila Yuwati, BA., S.Pd. (selaku Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Santi Rama, narasumber ahli dan triangulator) dan Ibu Taufik Hidayati, S.Pd. (selaku Kepala Sekolah TKLB Santi Rama). Informan dalam penelitian ini, yaitu Ibu Farida (selaku guru kelas P3A TKLB Santi Rama) dan Mama Syaheilla (selaku orangtua dari Syaheilla, murid kelas P3A TKLB Santi Rama). Setelah peneliti melakukan penelitian, peneliti mendapatkan hasil penelitian, yaitu komunikasi instruksional dengan Metode Maternal Reflektif dalam mengejar ketertinggalan komunikasi anak tunarungu dari anak dengar seusianya, yakni pengaplikasiannya, guru dalam mengajar, berperan sebagai ibu dan teman bagi murid tunarungu, yang mengajar seperti seorang ibu yang terus menerus berkomunikasi dan melakukan percakapan dengan bayinya sehingga menguasai bahasa. Dalam mengejar ketertinggalan komunikasi dari anak dengar seusianya, anak tunarungu kelas P3A telah dapat berbahasa, berkomunikasi dan memanfaatkan sisa pendengarannya dalam taraf kalimat sederhana.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 361 Social Problems and Services (Inc. People with Mental Illness, Physical Disabilities)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:51
Last Modified: 27 Jan 2023 03:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item