Pratama, Kevin (2020) Perancangan Rigging pada Tokoh Hifa dan Colly dalam Film Animasi 3D "Hifa The Mushroom Shepherd". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (348kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (675kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (183kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Dalam dunia animasi 3D, sebuah tokoh atau benda yang ingin dimanipulasi/digerakkan membutuhkan adanya rigging untuk memungkinkan geometri bergerak sesuai dengan yang diinginkan. Rigging membantu animator menggerakkan geometri tanpa merusak geometri itu sendiri. Oleh karena itu, penulis membahas perancangan rigging terhadap dua tokoh, Hifa dan Colly pada animasi Hifa the Mushroom Shepherd. Hifa sebagai humanoid dan Colly yang membutuhkan rigging khusus untuk menggabungkan sifat jamur dan hewan berkaki empat. Selain itu, penulis juga membahas perancangan facial rig yang bertujuan untuk memungkinkan sebuah tokoh dapat mencapai ekspresi-ekspresi yang dapat mendukung adegan dalam scene animasi. Animasi 3D yang akan dibuat oleh penulis memiliki genre fantasi, akan tetapi dari fantasi itu dibuat berdasarkan kehidupan nyata yang nantinya akan ditambahkan dengan salah satu prinsip animasi yaitu exaggeration. Penulis menggunakan kualitatif sebagai metode penelitian. Penulis akan mencari sumber-sumber dari internet dan melakukan riset lebih lanjut mengenai pergerakan yang dibutuhkan oleh manusia beserta ekspresi-ekspresi yang diciptakannya, hewan berkaki empat, dan sifat jamur dengan cara observasi. Dari observasi yang diperoleh, penulis dapat merangkum dan menggunakan data tersebut sebagai panduan untuk animasi 3D yang akan dibuat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | animasi, rigging, facial rig, exaggeration |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 07:45 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 00:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13436 |
Actions (login required)
View Item |