Perancangan Efek Visual Crowd Simulation Tokoh Jamur dalam Film Animasi 3D "Hifa the Mushroom Shepherd"

Ana, Tamara (2020) Perancangan Efek Visual Crowd Simulation Tokoh Jamur dalam Film Animasi 3D "Hifa the Mushroom Shepherd". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (782kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus berkembang seiring waktu memunculkan berbagai macam elemen pendukung pada sebuah animasi. Salah satu pendukung animasi agar terlihat nyata yaitu menggunakan efek visual. Efek visual merupakan elemen yang menambahkan berbagai macam aspek untuk menambah nilai estetika seperti elemen dasar yang terdiri atas air, api, angin, dan tanah. Namun, tidak hanya terdiri dari elemen dasar saja, tetapi dapat menciptakan sebuah keramaian pada suatu adegan yang disebut sebagai crowd simulation. Penulisan ini digunakan berdasarkan adegan pada film animasi 3 dimensi Hifa the Mushroom Shepherd. Bagian crowd simulation yang dibahas menjelaskan tentang variasi dari gerakan tokoh yang memunculkan sebuah keramaian untuk mendukung situasi dalam cerita. Pembahasan skripsi mengenai crowd simulation dilakukan dengan didasarkan penggunaan partikel yang terdapat pada pembuatan efek seperti pada salju, asap, ledakan, air, dan lainnya. Perancangan crowd simulation dikerjakan atas referensi dari film dan video sehingga membuat kawanan dapat menggambarkan sebuah situasi dalam cerita.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Efek visual, crowd simulation, kawanan, situasi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 07:37
Last Modified: 21 Aug 2023 01:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13447

Actions (login required)

View Item View Item