Rancang Bangun Pembuatan Aplikasi Mobile Virtual Reality Simulasi Gempa Berbasis Android Menggunakan Unity

Liuwandy, Peter (2020) Rancang Bangun Pembuatan Aplikasi Mobile Virtual Reality Simulasi Gempa Berbasis Android Menggunakan Unity. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Oleh: Peter Liuwandy Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terletak di perbatasan tiga lempeng tektonik utama, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia, membentang dari Sumatra di barat sampai ke Papua di timur. Dari data yang dicatat sejak tahun 1779 hingga 2010, gempa yang telah terjadi di Indonesia berjumlah lebih dari 48.000 dengan kekuatan gempa lebih besar dari 4 Skala Richter. Oleh karena itu, simulasi gempa seringkali dilakukan di instansi seperti sekolah, perkantoran, dan lain sebagainya. Seiring berkembangnya teknologi, simulasi gempa tidak hanya dapat dilakukan dengan cara yang ada seperti biasanya. Dengan adanya virtual reality, simulasi dapat dilakukan tanpa harus menunggu instansi yang ada menyelenggarakan simulasi tersebut. Simulasi yang dilakukan menggunakan virtual reality juga dapat memungkinkan terjadinya simulasi yang berbahaya karena pada dasarnya tidak ada ancaman yang dihasilkan oleh virtual reality tersebut. Namun, untuk mencakup penggunaan yang memungkinkan untuk diakses berbagai golongan masyarakat, diperlukan virtual reality yang tidak membutuhkan biaya yang mahal. Oleh karena itu, simulasi gempa ini dibuat dengan tidak memerlukan kontroler, sehingga hanya perlu menggunakan kacamata VR saja. Aplikasi mobile ini dikembangkan dengan menggunakan Unity dan hanya tersedia untuk sistem operasi Android dan juga menggunakan prefab dari Google VR yakni GvrReticlePointer. Hasil yang didapatkan adalah ternyata simulasi gempa menggunakan VR tersebut dirasa lebih efektif dibandingkan dengan simulasi yang dilakukan pada umumnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Unity, Gempa Bumi, Virtual Reality, Google VR
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 07:00
Last Modified: 18 Jul 2023 07:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item