Perancangan Lighting dalam Film Animasi 3D “Hifa The Mushroom Shepherd”

Bartholius Dinata, Reinnard (2020) Perancangan Lighting dalam Film Animasi 3D “Hifa The Mushroom Shepherd”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (418kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penulis memilih topik lighting sebagai bahasan laporan tugas akhir, karena lighting tidak hanya berfungsi sebagai penyampai narasi dan mood, tetapi lighting juga dibutuhkan untuk dapat memvisualisasikan lokasi dan waktu kejadian serta keadaan cuaca secara meyakinkan. Dalam perancangan lighting dibutuhkan pemahaman akan unsur - unsur yang membentuk lighting itu sendiri seperti temperatur warna, serta tata cara peletakan lighting. Berangkat dari pemahaman tersebut maka penulis dapat mengaplikasikannya dalam cara merancang lighting untuk keadaan siang hari dan sore hari yang tetap mendukung konsep cerita yang ingin disampaikan. Penulis akan merancang lighting pada film animasi �Hifa The Mushroom Shepherd� sehingga dapat menggambarkan keadaan saat siang hari dan sore hari dengan karakteristik yang sesuai dengan mood atau situasi yang ingin dibangun dalam cerita. Penelitian ini akan dilakukan dengan cara metodologi kualitatif, dimana penulis akan menggunakan teori � teori dan referensi dari film � film lainnya. Penulis akan menggunakan acuan referensi dari film, real life, dan daylight system dari 3DS Max untuk membantu perancangan lighting ini. Berdasarkan penelitian ini, penulis mampu merancang pencahayaan untuk keadaan siang hari dan sore hari berdasarkan cerita. Dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi rujukan dan membantu penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: pencahayaan, peletakkan cahaya, daylight system, bayangan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 06:06
Last Modified: 25 Aug 2023 07:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item