Herikson, Herikson
(2014)
Pola aliran komunikasi organisasi pt sarana sinar surya dalam membentuk loyalitas karyawan (studi kasus pada pt sarana sinar surya).
Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena betapa pentingnya pola
aliran komunikasi organisasi dalam membentuk loyalitas karyawan. Di dalam
kehidupan sebuah organisasi, sebuah komunikasi sangat perlu berjalan dengan
baik. Dalam komunikasi organisasi terdapat pola aliran komunikasi dalam
menyampaikan informasi atau pesan. Pola aliran komunikasi terbagi menjadi lima
yaitu komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, lintas
saluran, selentingan. Pesan atau informasi yang disampaikan jika tidak
tersampaikan dengan baik akan menimbulkan konflik dan miss communication.
Munculnya konflik ini menimbulkan ketidak nyamanan para karywan dalam
bekerja di perusahaan, adanya ketidak nyamanan tersebut dapat membuat
karyawan sulit bertahan di dalam perusahaan. Untuk itu sebuah pola aliran
komunikasi didalam perusahaan sangat penting untuk berlangsungnya suatu
hubungan antar orang atau karyawan dalam perusahaan agar dapat terciptanya
karyawan yang loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola aliran komunikasi
organisasi PT Sarana Sinar Surya dalam membentuk loyalitas karyawan.
Paradigma digunakan adalah post- postiivistik, dengan pendekatan kualitatif
untuk sifat penelitian menggunakan riset deskriptif. Penelitian ini menggunakan
metode studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument yaitu
wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen serta dikuatkan dengan
triangulasi sumber yaitu ahli komunikasi.
Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran berdasarkan konsep Pace
dan Faules (2005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola aliran
komunikasi organisasi memegang peranan penting dalam membentuk loyalitas
karyawan, seperti komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi
horizontal, lintas saluran. Dimana, setiap pola aliran komunikas organisasi harus
berjalan dan tersampaikan dengan baik agar tidak terjadi miss communication
yang pada akhirnya menjadi kesalah pahaman antar karyawan dan atasan yang
membuat karyawan tidak nyaman dan sulit membentuk loyalitas karyawannya.
Namun dalam PT Sarana Sinar Surya masih belum semuanya berjalan baik pola
aliran komunikasi organisasinya dalam membentuk loyalitas
Actions (login required)
 |
View Item |