Herikson, Herikson (2014) Pola aliran komunikasi organisasi pt sarana sinar surya dalam membentuk loyalitas karyawan (studi kasus pada pt sarana sinar surya). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena betapa pentingnya pola aliran komunikasi organisasi dalam membentuk loyalitas karyawan. Di dalam kehidupan sebuah organisasi, sebuah komunikasi sangat perlu berjalan dengan baik. Dalam komunikasi organisasi terdapat pola aliran komunikasi dalam menyampaikan informasi atau pesan. Pola aliran komunikasi terbagi menjadi lima yaitu komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, lintas saluran, selentingan. Pesan atau informasi yang disampaikan jika tidak tersampaikan dengan baik akan menimbulkan konflik dan miss communication. Munculnya konflik ini menimbulkan ketidak nyamanan para karywan dalam bekerja di perusahaan, adanya ketidak nyamanan tersebut dapat membuat karyawan sulit bertahan di dalam perusahaan. Untuk itu sebuah pola aliran komunikasi didalam perusahaan sangat penting untuk berlangsungnya suatu hubungan antar orang atau karyawan dalam perusahaan agar dapat terciptanya karyawan yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola aliran komunikasi organisasi PT Sarana Sinar Surya dalam membentuk loyalitas karyawan. Paradigma digunakan adalah post- postiivistik, dengan pendekatan kualitatif untuk sifat penelitian menggunakan riset deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrument yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen serta dikuatkan dengan triangulasi sumber yaitu ahli komunikasi. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran berdasarkan konsep Pace dan Faules (2005). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola aliran komunikasi organisasi memegang peranan penting dalam membentuk loyalitas karyawan, seperti komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, lintas saluran. Dimana, setiap pola aliran komunikas organisasi harus berjalan dan tersampaikan dengan baik agar tidak terjadi miss communication yang pada akhirnya menjadi kesalah pahaman antar karyawan dan atasan yang membuat karyawan tidak nyaman dan sulit membentuk loyalitas karyawannya. Namun dalam PT Sarana Sinar Surya masih belum semuanya berjalan baik pola aliran komunikasi organisasinya dalam membentuk loyalitas
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 06:36 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 02:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1358 |
Actions (login required)
View Item |