Perancangan Kampanye Sosial Penggunaan Asuransi Perjalanan Wisata

Astarie M. Setiawan, Yolanda (2020) Perancangan Kampanye Sosial Penggunaan Asuransi Perjalanan Wisata. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (611kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (897kB)

Abstract

Ketertarikan penulis dengan perjalanan wisata dan campaign menjadi salah satu alasan penulis untuk memilih topik asuransi perjalanan. Dengan terus meningkatnya tingkat perjalanan wisatawan Indonesia, kebutuhan asuransi penting untuk dimiliki oleh masing-masing wisatawan karena terdapat berbagai risiko tak terduga yang dapat terjadi selama perjalanan. Sayangnya, penggunaan asuransi perjalanan di Indonesia masih sangat rendah. Sebanyak 52,2% responden dari hasil penelitian tidak pernah menggunakan asuransi perjalanan sebelumnya. Proporsi dari asuransi aneka pun hanya sekitar 10% dari total premi asuransi nasional, di mana di dalam asuransi aneka tidak hanya terdapat asuransi perjalanan saja. Di dalam laporan ini penulis akan merancang bagaimana mengkomunikasikan peningkatan penggunaan asuransi perjalanan bagi para wisatawan melalui kampanye sosial serta merancang visual yang menunjukkan kemungkinan risiko buruk jika tidak menggunakan asuransi perjalanan melalui kampanye sosial. Penulis melakukan pengumpulan data melalui wawancara ahli, wawancara wisatawan, kuesioner online, serta Focus Group Discussion. Terbukti dari hasil pengumpulan data, sebagian besar target audiens tidak pernah menggunakan asuransi perjalanan sebelumnya saat melakukan perjalanan. Dengan dirancangnya tugas akhir ini, diharapkan literasi dan penetrasi asuransi perjalanan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: asuransi perjalanan, wisatawan, risiko, literasi, perjalanan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 06:04
Last Modified: 29 Aug 2023 01:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13580

Actions (login required)

View Item View Item