Perancangan Kampanye Sosial Mengendalikan Kebiasaan Emotional Eating

Wida Aristya, Maria (2019) Perancangan Kampanye Sosial Mengendalikan Kebiasaan Emotional Eating. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (227kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Situasi stres yang memberi perasaan tidak nyaman akan mendorong individu untuk keluar dan mencari pelampiasan, salah satunya adalah dengan makan atau dalam istilah psikologi disebut emotional eating. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa emotional eating cenderung dilakukan oleh wanita dan merupakan pilihan wanita pekerja untuk meredakan stres karena pekerjaan. Emotional eating identik berlangsung secara impulsif dan mengarah pada pola makan yang tidak sehat. Makanan tinggi gula, garam, dan lemak kerap dikonsumsi secara berlebihan untuk meningkatkan mood. Walaupun emotional eating merupakan hal yang wajar, pada akhirnya akan memicu masalah kesehatan bila tidak dikendalikan. Sayangnya, kesadaran masyarakat akan pengendalian kebiasaan tersebut serta dampaknya masih rendah. Sebanyak 75% responden kuesioner penulis akan makan dengan kalap untuk meredakan stres, lalu mengalami masalah kenaikan berat badan yang signifikan karena kebiasaan tersebut. Dari data klinik Lighthouse Jakarta, 2 dari 5 pasien obesitas berawal dari kebiasaan emotional eating yang tidak terkontrol. Berdasarkan latar belakang tersebut, perancangan kampanye sosial dibuat untuk menciptakan perubahan pola pikir, sikap, dan perilaku terkait kebiasaan emotional eating sehingga masalah kesehatan pada masa mendatang dapat dimimalisir.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: emotional eating, kesehatan, kampanye sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 05:38
Last Modified: 19 Oct 2023 00:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item