Rancang Bangun DominateMyJS untuk Pembelajaran JavaScript HTML Document Object Model Menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis

Indra Cahyadi, Daniel (2020) Rancang Bangun DominateMyJS untuk Pembelajaran JavaScript HTML Document Object Model Menggunakan Metode Gamifikasi Octalysis. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (45MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (249kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem DominateMyJS sebagai media pembelajaran JavaScript HTML Document Object Model (DOM) menggunakan metode gamifikasi Octalysis, serta mengukur tingkat Behavioral Intention to Use dan immersion pengguna pada aplikasi. Keunggulannya adalah Octalysis memberikan struktur untuk menganalisis kekuatan yang mendorong motivasi manusia, disebut dengan Core Drives. Dengan menerapkan Core Drives pada aplikasi, dapat membuat pengguna termotivasi untuk menyelesaikan suatu tugas secara efisien melalui pengalaman yang interaktif. Aplikasi dibuat dengan memenuhi delapan Core Drives Octalysis Gamification dengan minimal satu kriteria pada setiap Core Drives. Pengujian aplikasi gamifikasi dilakukan terhadap sivitas akademika UMN dengan cara mengumpulkan feedback pengguna setelah menggunakan aplikasi DominateMyJS dan mengisi kuesioner yang didasarkan oleh Hedonic-Motivation System (HMSAM). Hasil evaluasi menyatakan penggguna sangat setuju bahwa aplikasi yang telah dirancang dapat meningkatkan penggunaan kembali aplikasi dengan persentase 80,13%, dan pengguna setuju bahwa pengguna dapat merasa terbawa suasana dalam menggunakan aplikasi DominateMyJS dengan persentase 72,10%. Dipercaya bahwa gamifikasi dengan framework Octalysis dapat memotivasi pengguna dan membuat pengalaman yang menyenangkan dalam proses pembelajaran JavaScript HTML DOM.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gamifikasi, HMSAM, octalysis, penggunaan kembali, terbawa suasana
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 05:11
Last Modified: 08 Aug 2023 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item View Item