Felix, Christofer (2020) Strategi Internal Branding dalam Membangun Performa Komunikatif. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (28MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (237kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Oleh: Christofer Felix Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehadiran Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai entitas partai baru yang mampu memalingkan perhatian publik melalui sikap kritisnya dan keberaniannya untuk mengangkat isu-isu sensitif yang dianggap tabu dalam perpolitikan Indonesia sehingga memberikan efek kejut pada perpolitikan yang selama ini karut marut. Tentunya, sikap tersebut tidak terlepas dari pemahaman kolektif yang ditanamkan secara kuat melalui proses internal branding. Dengan menggunakan perpaduan komunikasi korporat dan komunikasi politik, teori budaya organisasi & performa komunikatif, dan konsep internal branding melalui komunikasi internal, penelitian ini berupaya menelusuri strategi internal branding yang dilakukan PSI dalam membangun performa komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus eksplanatori dengan paradigma post-positivist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSI mengadakan berbagai program pelatihan kaderisasi seperti pelatihan daring �Pendidikan Kader�, lokakarya antikorupsi, dan lokakarya keterampilan caleg; lalu, menjalankan aktivitas komunikasi internal seperti Kopi Darat, interaksi dalam grup WhatsApp & media sosial, menerbitkan publikasi internal, dll; serta, menyediakan support system seperti panel independen untuk uji kelayakan bakal caleg, penerapan kontrak, pembuatan KPI, dan distribusi ganjaran berdasarkan hasil evaluasi kinerja. Strategi internal branding PSI telah mampu membangun performa komunikatif, terindikasi dari terbentuknya pemahaman simbolik di benak para kader sehingga memunculkan perilaku yang sesuai dengan rumusan nilai-nilai partai.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Budaya Organisasi, Internal Branding, Komunikasi Internal, Performa Komunikatif, PR Politik |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 05:03 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 00:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13668 |
Actions (login required)
View Item |