Perancangan Destination Branding Kawasan Cagar Budaya Kotagede

Kristina, Elsa (2020) Perancangan Destination Branding Kawasan Cagar Budaya Kotagede. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (183kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kotagede merupakan salah satu dari enam kawasan cagar budaya yang ada di Yogyakarta yang berada 6 km dari pusat kota Yogyakarta. Kotagede merupakan cikal bakal terbentuknya kota Yogyakarta dan Solo. Pada tahun 2019, Kotagede masuk ke dalam daftar 13 kota terindah di Asia versi CNN Internasional. Adanya berbagai keunikan dan peninggalan yang dimiliki hingga saat ini menjadikan Kotagede sebagai salah satu destinasi wisata budaya dan sejarah. Namun hingga kini, Kotagede masih belum memiliki identitas visual maupun branding yang mencerminkan citranya sebagai kawasan wisata yang memiliki berbagi peninggalan sejarah dan merupakan saksi kejayaan Kerajaan Mataram Islam pada masanya. Dalam perancangan ini, penulis melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif yang dikemukakan oleh Sugiyono dalam Sayidah dan metode perancangan destination branding menggunakan metode Morgan, Pritchard, dan Pride. Diharapkan dengan dilakukannya destination branding Kotagede, citra Kotagede sebagai kawasan wisata sejarah dan budaya dapat muncul dan diketahui oleh masyarakat sehingga dapat berdampak khususnya pada sektor pariwisata dan perekonomian di wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kotagede, Destination Branding, Kawasan Cagar Budaya, Wisata Sejarah dan Budaya
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 05:00
Last Modified: 29 Sep 2023 00:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13672

Actions (login required)

View Item View Item