Upaya-Upaya Customer Retention Melalui Kegiatan Customer Relationship MAnagement Pada PT XC CLEANINDO

Ongko, Harry (2019) Upaya-Upaya Customer Retention Melalui Kegiatan Customer Relationship MAnagement Pada PT XC CLEANINDO. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia setiap tahunnya telah menyebabkan bergesernya Indonesia dari kategori negara dengan pendapatan menengah kebawah kini menjadi negara dengan pendapatan menengah keatas. Perkembangan ini menyebabkan perubahan pada gaya hidup konsumen salah satunya yaitu meningkatnya konsumsi pada industri jasa termasuk pada jasa binatu atau laundry. Meningkatnya minat terhadap jasa laundry juga meningkatkan permintaan terhadap produk-produk laundry, terutama produk-produk yang ramah dan aman bagi lingkungan. Dalam menjalankan praktik kerja magang, penulis memilih sebuah perusahaan manufaktur cairan kimia pembersih yaitu PT XC CLEANINDO atau disebut juga dengan iCLEAN. iCLEAN merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi dan juga distribusi produk cairan kimia pembersih dan produk kebersihan lainnya untuk berbagai segmen mulai dari Food Service, Housekeeping & Public Area, Laundry maintenance, Cleantools, Dishwashing Machine, Specialities, hingga Private Label. iCLEAN sudah beroperasi mencakup hingga 29 kota di Indonesia dan terus berkembang, selain itu iCLEAN juga memiliki beberapa anak perusahaan yang dinaunginya. Dalam menjalankan praktik kerja magang, penulis ditugaskan pada divisi marketing pada segmen Home and Retail Laundry dimana penulis kemudian memiliki beberapa tugas yang harus dijalankan. Tugas penulis lebih banyak terfokus pada kegiatan customer relationship management dimana penulis melakukan follow up terhadap konsumen, membantu dan menjawab pertanyaan konsumen, memberikan saran yang dibutuhkan, dan menerima kritik dan saran dari konsumen kepada perusahaan, melakukan blasting promo melalui email dan Whatsapp secara personal, serta melakukan survei lokasi sekaligus menjalin hubungan baik dengan konsumen dari perusahaan. Selama kurang lebih 4 bulan melakukan praktik kerja magang dan ditempatkan pada divisi marketing di PT XC CLEANINDO, penulis mendapatkan banyak pengetahuan baru, pengalaman, serta wawasan mengenai dunia profesional. Penulis juga berkesempatan untuk mengembangkan berbagai kemampuan penulis baik dari segi Softskill maupun segi Hardskill yang dapat berguna bagi penulis di masa depan.

Item Type: Thesis (Internship)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy > 106 Organizations and management
300 Social Sciences
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:18
Last Modified: 13 Apr 2023 02:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13732

Actions (login required)

View Item View Item