Analisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, rating dan review melalui attitude to use mobile application terhadap intention to use mobile application telaah pada aplikasi etobee

Hargiyanto, Johakim (2017) Analisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, rating dan review melalui attitude to use mobile application terhadap intention to use mobile application telaah pada aplikasi etobee. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dengan berkembangnya pengguna internet di dunia hal tersebut juga diikuti tingginya penggunaan internet pada smartphone. Dengan berkembannya tersebut membuka peluang bisnis terciptanya mobile application untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu bisnis yang hadir dengan memanfaatkan mobile application adalah ETOBEE Indonesia. ETOBEE diciptakan sebagai salah satu alternatif jasa pengiriman barang untuk melayani kebutuhan pembisnis online sebagai jasa antar barang ke customers yang berbasis aplikasi. ETOBEE mendapatkan respon baik dari masyarakat dan pengguna semakin meningkat. Namun tinggi persentase pengguna mobile applicaton ETOBEE tersebut belum mencapai target yang diinginkan. Dari Agustus tahun 2015 secara keseluruhan di area JADETABEK, ETOBEE Indonesia memperoleh 10.000 transaksi hingga Desember 2015. Hal tersebut menjadi awalan yang baik karena ETOBEE memiliki respon yang baik dari masyarakat. Namun hingga saat ini customer ETOBEE di JADETABEK belum mencapai target yang diinginkan sebesar 100.000 transaksi dari pengguna jasa pengiriman ETOBEE. Angka tersebut menunjukan bahwa pengguna mobile application ETOBEE masi jauh dari target customernya yang menjadi mayoritas di wilayah JADETABEK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, rating, review melalui attituted to use mobile application ETOBEE terhadap intention to use mobile application. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 6 hipotesis yang akan diuji dengan Structural Equetion Model. Sample penelitian ini adalah 150 responden pria atau wanita dengan usia minimal 17 tahun yang memiliki bisnis online dan menggunakan jasa pengiriman di wilayah JADETABEK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara perceived ease of use terhadap attitude to use mobile application ETOBEE, rating terhadap attitude to use mobile application ETOBEE dan review terhadap attitude to use mobile application ETOBEE serta attitude to use mobile application ETOBEE terhadap intention to use mobile application ETOBEE. Namun, tidak terdapat pengaruh antara perceived usefulness, sistem quality dan trust terhadap attitude to use mobile application ETOBEE sehingga disarankan ETOBEE Indonesia untuk meningkatkan promosi terkait faktor – faktor tersebut serta memberikan macam – macam reward disetiap event dan bekerjasama dengan IT (Information Technology) professional untuk meningkatkan kualitas sistem. Sehingga dapat meningkatkan mobile application ETOBEE.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 028 Reading and use of other information media
200 Religion > 260 Social and ecclesiastical theology > 261 Social theology and interreligious relations and attitudes
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jul 2017 03:38
Last Modified: 15 May 2023 06:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item