Implementasi Algoritma Backtracking pada Permainan Sudoku Tiga Dimensi Tipe Tiga Wajah

Axel Wijaya, Joshua (2020) Implementasi Algoritma Backtracking pada Permainan Sudoku Tiga Dimensi Tipe Tiga Wajah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (455kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (180kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya popularitas sudoku, muncul berbagai varian dari sudoku, salah satunya adalah sudoku tiga dimeni (3D) tipe tiga wajah. Sudoku 3D itu sendiri memiliki aturan permaian yang serupa dengan sudoku konvensional, di mana tujuan permainan adalah memasukan angka ke dalam kotak sel tanpa ada yang berulang di satu baris, kolom atau region. Namun, dalam sudoku 3D tipe tiga wajah, pengisian angka pada baris dan kolom harus diperhatikan secara tiga dimensi, sehingga tentunya lebih rumit dibandingkan teka-teki sudoku konvensional. Dikarenakan tingkat kerumitan yang lebih tinggi, maka dilakukanlah penelitian dan pembangunan Solver yang mampu membantu pemain memecahkan teka-teki sudoku 3D tipe tiga wajah dengan tepat dan cepat, serta Generator untuk menghasilkan contoh soal teka-teki sudoku 3D tipe tiga wajah yang dapat dimainkan. Algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah algoritma backtracking. Implementasi algoritma backtracking dilakukan dengan pendekatan deterministik dan non-deterministik untuk mendapatkan kecepatan pemecahan teka-teki sudoku 3D tipe tiga wajah yang lebih optimal. Pembangunan aplikasi dilakukan menggunakan Unity dengan bahasa pemrograman c#. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi mampu menghasilkan dan menyelesaikan soal teka-teki sudoku tiga dimensi tipe tiga wajah menggunakan algoritma backtracking. Untuk pengembangan Solver, digunakan pendekatan deterministik karena algoritma backtracking dapat bekerja dengan cepat dan efisien. Namun pada pengembangan Generator, digunakan pendekatan nondeterminisitik karena jumlah variasi solusi yang dihasilkan lebih banyak dibanding dengan pendekatan deterministik. Pada pendekatan non-determinisitik, digunakan pengaturan waktu dan pemakaian thread untuk menambah kecepatan algoritma backtracking.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma Backtracking, Generator, Solver, Sudoku 3D, Tiga Wajah
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 03:57
Last Modified: 22 Aug 2023 00:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13764

Actions (login required)

View Item View Item