Perancangan Environment pada Komik Interaktif "YOGASWARA"

Amorita Tulus, Agatha (2020) Perancangan Environment pada Komik Interaktif "YOGASWARA". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Untuk meningkatkan minat remaja terhadap sejarah Indonesia, penulis merancang projek tugas akhir adaptasi sejarah proklamasi Indonesia yang menggunakan media komik interaktif. Dengan projek ini, penulis berharap minat remaja terhadap sejarah proklamasi dapat ditingkatkan. Penulis memilih visual storytelling berupa komik interaktif, karena stimulus visual lebih baik untuk mengingat, mengenali dan menghubungkan fakta dengan konsep. Sementara media android dipilih karena pengguna internet yang meningkat dan luasnya penyebaran gadget di Indonesia. Laporan ini mencakup tahapan perancangan environment sebagai elemen penting agar pembaca mampu mengenali latar tempat, suasana dan waktu serta memberikan fitur interktif dalam cerita. Dalam tahapan perancangan environment, penulis menggunakan metode penelitian pengumpulan data kuantitatif, yaitu dengan observasi, wawancara, forum group discussion, dan studi referensi. Sementara, untuk metode perancangan environment, penulis menggunakan teori pra-produksi menurut Alex Galuxin. Dalam survei kepada 50 pembaca yang sudah dilakukan sebanyak dua kali, environment pada komik interaktif juga terbukti berhasil menjadi latar dan memberikan fitur interaktif pada cerita dalam komik interaktif yang meningkatkan minat remaja terhadap kisah proklamasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: environment, komik interaktif, sejarah proklamasi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 03:23
Last Modified: 21 Aug 2023 00:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item View Item