Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Pengaruh “Bundling Voucher Subscription” Melalui Aplikasi Grab pada Generasi Milenial Kota Jakarta)

Eriska, Eriska (2020) Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Pengaruh “Bundling Voucher Subscription” Melalui Aplikasi Grab pada Generasi Milenial Kota Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (235kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (735kB)

Abstract

Persaingan sengit antara aplikasi layanan on demand Grab dan Gojek mendorong kedua perusahaan berlomba untuk memenangkan persaingan. Salah satu caranya dengan melakukan pendekatan komunikasi pemasaran. Salah satu taktik yang digunakan oleh aplikasi Grab yaitu menawarkan sales promotion dalam bentuk bundling voucher subscription. Bundling voucher subscription adalah paket berlangganan selama kurun waktu tertentu yang terdiri dari sejumlah voucher potongan harga layanan yang dibayarkan dengan harga yang lebih murah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh sales promotion dalam bentuk bundling voucher subscription terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Grab pada generasi milenial kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian berupa studi kasus dengan sifat penelitian eksplanatif. Metode penelitian adalah survey. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling kepada 103 responden. Setelah mengumpulkan data dari responden, dianalisa dengan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lemah sales promotion dalam bentuk bundling voucher subscription terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Grab oleh generasi milenial di Jakarta dengan pengaruh sebesar 34,4% dan sisanya sebesar 64,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti kelas ekonomi yang kurang sesuai dengan penawaran, pemilihan daerah yang kurang tepat, penawaran bundling voucher subscription yang kurang tepat atau kurang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, pemberian sales promotion yang dilakukan bersamaan, penawaran sejenis yang lebih menarik oleh kompetitor, atau hal lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: sales promotion, bundling voucher subscription, Grab, keputusan pembelian
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 03:07
Last Modified: 17 Apr 2023 07:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item