Perancangan Rig untuk Mencapai Gerakan Fleksibilitas dalam Tokoh Animasi 3D "Wkwkland"

Ciazaria, Keisya (2019) Perancangan Rig untuk Mencapai Gerakan Fleksibilitas dalam Tokoh Animasi 3D "Wkwkland". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (899kB)

Abstract

Rigging merupakan proses yang penting di dalam produksi sebuah film animasi karena setiap gerakan membutuhkan sistem penggerak. Oleh karena itu, rig harus dirancang sedemikian rupa untuk mendukung aspek visual gerakan yang dapat menyampaikan konsep film dengan optimal. Film animasi 3D “WkwkLand” memiliki konsep gerakan yang berfokus pada anggota gerak atau lengan yang lentur. Gerakan fleksibel atau lentur merupakan gerakan yang memiliki jangkauan gerak yang luas dan mudah dibengkokkan. Selain itu, terdapat tiga unsur gerak dalam animasi berupa exaggeration, squash and stretch, dan arc. Dengan demikian, rancangan rig berfokus untuk merancang lengan wkwkers yang dapat memanjang, bergelombang, dan melengkung. Berdasarkan konsep dan kebutuhan gerakan yang ada, penulis mengobservasi rancangan rig yang telah ada untuk diterapkan. Referensi yang diteliti merupakan ribbon Maya dan Sine Deformers di dalam Rig ular. Dengan penerapan tersebut diharapkan rancangan rig dapat menampilkan aspek visual gerakan kelenturan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Rigging, Fleksibilitas
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 743 Drawings by Subject > 743.4 Drawing Human Figures
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 02:44
Last Modified: 31 Aug 2023 01:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item View Item