Perancangan Pipeline Animasi Menggunakan Unreal Engine pada Film Animasi 3D “Cybercock”

Nugraha, Hansen Ariawibawa (2019) Perancangan Pipeline Animasi Menggunakan Unreal Engine pada Film Animasi 3D “Cybercock”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (232kB) | Preview

Abstract

UMN Pictures adalah sebuah studio yang berdiri sejak tahun 2017 sebagai sebuah unit usaha di bawah nama UMN. Tujuannya adalah menjadi jembatan yang menyiapkan alumni UMN untuk memasuki dunia industri. UMN Pictures menjadi pilihan penulis karena penulis ingin mempelajari tentang pipeline studio animasi sebelum memasuki dunia industri. Ketika memulai kerja magang di UMN Pictures, penulis ditempatkan sebagai intern dalam divisi technical artist. Selama proses magang tersebut penulis mempelajari teknik dan proses pembuatan tools yang dapat mempermudah dan mengotomatisasikan pekerjaan di dalam studio, khususnya diintegrasikan ke dalam aplikasi Maya. Diadakannya training animasi untuk internal studio bersamaan dengan keharusan bekerja secara Work From Home (WFH) karena pandemik Covid-19 menjadi sebuah kendala besar. Tetapi kendala terbesar bagi penulis adalah kurangnya pengetahuan penulis tentang pengembangan software, yang tentunya sangat berbeda dengan pipeline pembuatan animasi yang diajarkan di kampus. Untuk dapat mengerjakannya, penulis harus mempelajari framework studio yang dinamai Jasmine, dan juga penggunaan Git untuk version control system, serta mendalami pengetahuan tentang bahasa pemrograman Python.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Technical artist, pipeline, tools, studio
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 02:11
Last Modified: 05 Oct 2023 00:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item