Danny, Danny (2020) Analisis Pengaruh Symbolic Physicality dan Inherent Sociability terhadap Perceived Curiosity serta Perceived Enjoyment Implikasinya pada Stickiness Telaah pada Aplikasi Telegram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (474kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (829kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (926kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (909kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (256kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Saat ini banyak perusahaan aplikasi chatting yang masuk ke Indonesia, tentunya menjadi tantangan sendiri bagi para perusahaan untuk membuat aplikasinya sebagai pilihan bagi masyarakat di Indonesia. Salah satu perusahaan aplikasi chatting tersebut adalah Telegram, Telegram sendiri memiliki beberapa kelebihan dibanding aplikasi sejenis yang ada di Indonesia. Walaupun begitu hal ini belum dapat menjadikan aplikasi Telegram menjadi pilihan nomor 1 di Indonesia. Dilansir dari similarweb.com, Telegram masih berada di peringkat 8 di kategori communication dan menempati urutan ke 13 dalam penggunaan aplikasi. Oleh karna itu Telegram terus melakukan inovasi untuk menarik masyarakat menggunakan aplikasi Telegram. Menurut Clutch (2017) jumlah pengunduh tidak dapat diartikan sebagai suatu kesuksesan dari sebuah aplikasi, tetapi yang terpenting bagi perusahaan adalah bagaimana pengguna tersebut dapat terlibat dengan aplikasi anda. Berdasarkan hal itu peneliti ingin membahas mengenai faktor-faktor seperti symbolic physicality, inherent sociability, perceived curiosity, perceived enjoyment terhadap stickiness aplikasi Telegram. Dalam penelitian ini terdapat enam hipotesis yang dibahas dan diuji dengan menggunakan software Lisrel 8.8, dengan sample size mencapai angka 125 responden dengan kriteria laki-laki atau perempuan, berusia 17 – 39 tahun, berdomisili d Jabodetabek, yang mengetahui dan pernah menggunakan aplikasi Telegram, dan sudah tidak mengunakkan lagi aplikasi Telegram. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara symbolic physicality dengan perceived curiosity, inherent sociability dengan perceived curiosity, perceived curiosity dengan perceived enjoyment, dan perceived enjoyment dengan stickiness. Tetapi dalam penelitian ini tidak menemukan hubungan yang positif antara symbolic physicality dengan perceived enjoyment dan inherent sociability dengan perceived enjoyment. Pada penelitian ini peneliti juga membahas mengenai implikasi manajerial untuk setiap hubungan positif yang didapat serta saran-saran bagi perusahaan seperti membuat fitur videocall dan lain-lain serta saran bagi penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:39 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 05:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14057 |
Actions (login required)
View Item |