Strategi Customer Relationship Management dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Kompas.id)

Ayu Ramdyni, Adnes (2020) Strategi Customer Relationship Management dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Kompas.id). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (447kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (376kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB)
[img]
Preview
Text
CC-BY-NC-SA 4.0.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Perkembangan media cetak di Indonesia mengalami banyak perubahan sejak kemunculan internet. Saat ini, media cetak sedang menghadapi persaingan ketat akibat adanya kemunculan media baru untuk mencari informasi. Kompetisi antara media menjadi global dan semakin ketat. Setiap media berkompetisi untuk mendapatkatkan khalayak dengan jangkauan yang luas. Agar mampu menjadi media online yang sukses, perusahaan media harus mampu menciptakan sebuah strategi yang bisa menjadikan perusahaan semakin maju dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Customer Relationship Management yang dilakukan Harian Kompas. Penelitian ini menggunakan konsep Customer Relationship Management dengan tahapan IDIC model. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan paradigma post�positivisme dan metode studi kasus dari Robert K.Yin. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa Kompas.id telah melakukan serangkaian strategi sesuai dengan tahapan Customer Relationship Management. Dengan menerapkan tahapan tersebut Kompas.id mampu mempertahankan loyalitas pelanggan dengan berbagai reward dan kemudahan yang diberikan. Aktivitas loyalty program yang sukses dilakukan oleh Kompas.id antara lain: penyediaan konten yang berkredibilitas dan dapat dipertanggungjawabkan, strategi pemberian poin dan reward, content engagement (rekomendasi berita dan acara, pop up message), event privilege bagi pelanggan setia Kompas.id

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Customer, Loyalitas, Customer Relationship Management, Kompas.id, Berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:44
Last Modified: 12 Apr 2023 04:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item View Item