Permatasari, Kinanti (2014) Hegemoni Amerika dalam simbol-simbol naratif film Warkop (sebuah analisis semiotika). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Film yang kerap kita anggap hanya sebagai media hiburan, justru menjadi sarana pengukuhan posisi suatu kelompok dominan, sebut saja dalam hal ini adalah Amerika. Tanpa disadari narasi yang dihadirkan dalam sebuah film memiliki unsur-unsur hegemoni melalui berbagai simbol yang ditampilkan. Proses hegemoni bekerja melalui cara yang halus. Dalam hal ini, sebuah narasi dalam produksinya dapat membuat yang tampak sebagai sesuatu kebenaran dan semua orang menganggap itu sebagai suatu yang tidak perlu dipertanyakan. Masa Orde Baru merupakan jaman yang dipenuhi dengan paradoks dalam bidang perfilman. Tidak dapat disangkal, produksi film Hollywood Amerika merajai perfilman di dunia. Masuknya film-film impor dari Hollywood memberikan konsekuensi semakin populernya film-film asing bagi penonton Indonesia, dari kelas cineplex, bioskop kelas bawah, hingga layar tancap. Dampak dari kondisi tersebut adalah masuknya pengaruh-pengaruh budaya asing yang banyak dikatakan mengusung adegan kekerasan, dan seksualitas ke dalam budaya bangsa Indonesia yang selalu dicitrakan sopan, agamis, toleran, dan sebagainya. Salah satu film yang mengandung unsur hegemoni Amerika adalah film Warkop Dongkrak Antik. Skripsi ini membahas film tersebut dengan menggunakan analisis semiotika
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:27 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:54 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1408 |
Actions (login required)
View Item |