Perancangan Kampanye Sosial untuk Mencegah Dampak Negatif Fintech Lending

Lim, Michael (2019) Perancangan Kampanye Sosial untuk Mencegah Dampak Negatif Fintech Lending. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (115kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Fintech lending adalah sebuah inovasi di bidang keuangan yang memudahkan masyarakat untuk melakukan pinjaman uang, namun adanya Fintech ini tidak berbanding lurus dengan literasi yang diterima oleh masyarakat. Per tahun 2019 terdapat sebanyak 4500 laporan mengenai masalah Fintech lending, dengan mayoritas pencemaran data pribadi. Tentu jika dibiarkan, akan semakin banyak masyarakat yang mengalami hal serupa serta menghambat perkembangan Fintech di Indonesia. Berdasarkan dari hasil penelitian, banyak masyarakat yang melihat bahwa Fintech lending ini sangat beresiko, hal ini disebabkan karena kurangnya edukasi mengenai Fintech lending kepada masyarakat. Menurut hasil wsawancara, memang edukasi masyarakat kurang terkait hal Fintech, namun dari sisi kelembagaan, pemerintah perlu memperkuat sistem yang mengawasi Fintech. Maka dari itu diperlukan adanya kampanye untuk memberikan informasi mengenai Fintech lending, dengan tujuan masyarakat akan lebih pintar berhadapan dengan Fintech lending. Dengan ini, rumusan yang penulis dapat adalah bagaimana merancang sebuah desain visual kampanye sosial yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai Fintech lending.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye sosial, fintech lending, edukasi, beresiko
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 00:08
Last Modified: 03 Oct 2023 01:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item