Sandra Nangoy, Regina (2020) Perancangan Gamebook "Climathya" Untuk Meningkatkan Rasa Empati Pada Usia 14 - 25 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (242kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Empati adalah sebuah kemampuan untuk merasakan emosi atau perasaan orang lain, sekaligus kemampuan untuk membayangkan apa yang dipikirkan atau dirasakan orang lain. Dampak dari kemampuan empati yang rendah dapat mengakibatkan ketidakpekaan kemampuan untuk merasakan, membayangkan emosi diderita oleh orang lain dan lebih akan berujung mementingkan ego diri sendiri. Rendahnya empati pada seseorang bisa diakibatkan karena keterlibatan pada situasi lingkungan yang kurang baik atau secara genetika dari sejak lahir. Tetapi rasa empati itu sendiri dapat ditingkatkan kembali dengan membaca buku cerita. Oleh sebab itu, penulis mengangkat topik ini dan diteliti dengan metode penelitian gabungan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif didapat melalui hasil survei yang disebarkan kepada orang yang belum tahu bahwa empati dapat ditingkatkan melalui membaca. Lalu mengumpulkan data kualitatif berupa teori dasar perancangan, bahan studi referensi dan wawancara dari narasumber ahli dan disusun. Hasil akhir dari perancangan yaitu berupa game book berjudul Climathya dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan empati kepada orang yang membaca melalui cerita yang bisa dihubungkan dengan situasi yang paling sering terjadi, karakter yang terlibat di dalam cerita dan interaktivitas yang dapat melibatkan pembaca.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Empati, game book, cerita, karakter, interaktivitas |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 00:02 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14096 |
Actions (login required)
View Item |