Strategi Pengurangan Ketidakpastian dalam Komunikasi Interpersonal Antar Peserta Didik dan Guru Beda Budaya di Ruang Kelas

Setiani, Natasha (2020) Strategi Pengurangan Ketidakpastian dalam Komunikasi Interpersonal Antar Peserta Didik dan Guru Beda Budaya di Ruang Kelas. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (398kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (326kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Ketidakpastian adalah sesuatu yang dirasakan oleh orang saat pertamakali bertemu, di mana komunikan dan komunikator saling menaruh prasangka terhadap satu dengan yang lainnya. Ketidakpastian tidak hanya dirasakan saat pertamakali bertemu saja, namun terjadi juga saat kita berusaha melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan orang yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda seperti dalam penelitian ini ketidakpastian terjadi oleh native teacher dan studentnya. Ketidakpastian yang terjadi antara native dan student di kelas jika terus menerus dibiarkan tentu saja akan berdampak pada proses belajar mengajar yang tidak efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab, jenis dan strategi ketidakpastian yang digunakan dalam kelas Wall Street. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori pengurangan ketidakpastian dengan metode studi kasus. Informan pada penelitian ini terdiri dari 6 orang yang terbagi menjadi dua orang guru native yang berasal dari Canada dan Australia, serta 4 peserta didiknya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada hambatan dalam komunikasi interpersonal yang disebabkan oleh adanya ketidakpastian, hambatan yang utama adalah perbedaan Bahasa. Untuk mengatasi ketidakpastian yang terjadi, berdasarkan temuan data yang diperoleh Native teacher lebih cenderung mengkombinasikan tiga strategi yaitu pasf, aktif dan interaktif, sedangkan murid cenderung menggunakan salah satu strategi saja antara pasif, aktif dan interaktif untuk mengurangi ketidakpastian dalam ruang kelas beda budaya/ multi kultural di Wall Street English.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Ketidakpastian, Komunikasi Interpersonal dan budaya, Ruang Kelas Multi Kultural
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 00:00
Last Modified: 10 May 2023 05:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14097

Actions (login required)

View Item View Item