Peran dan fungsi corporate communications pt garuda indonesia (persero) tbk. dalam mengembangkan citra perusahaan sebagai global player (studi kasus pada proses untuk bergabung dengan skyteam)

Pangalila, Kristasia (2014) Peran dan fungsi corporate communications pt garuda indonesia (persero) tbk. dalam mengembangkan citra perusahaan sebagai global player (studi kasus pada proses untuk bergabung dengan skyteam). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (765kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview

Abstract

Corporate communications menjalankan peran dan fungsinya seiring dengan upaya-upaya menciptakan pengetahuan dan membentuk pemahaman publik demi terbentuknya citra dan reputasi baik perusahaan. Demikian pula peran dan fungsi unit corporate communications PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. selama proses menuju bergabungnya Garuda Indonesia di aliansi penerbangan global, SkyTeam. Tidak hanya sekedar membentuk pemahaman dan menginformasikan kepada publik, tetapi corporate communications juga bertanggung jawab untuk mengembangkan citra perusahaan sebagai global player lewat moment bergabung di SkyTeam tersebut. Apalagi citra sebagai global player tersebut harus semakin diperkuat untuk menghadapi persaingan pada ASEAN Open Sky 2015 mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, serta menganalisis peran dan fungsi corporate communications Garuda Indonesia selama proses untuk bergabung dengan SkyTeam. Penelitian ini menggunakan konsep peran corporate communications menurut Cutlip, dkk., serta konsep fungsi corporate communications secara holistik yang terdiri atas fungsi manajemen, fungsi komunikasi dan fungsi pendukung pemasaran. Digunakan pula konsep area fungsi corporate communications menurut Paul Argenti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan metode penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian diketahui bahwa selama proses untuk bergabung dengan SkyTeam, corporate communication berperan sebagai communication technician, expert prescriber, communication facilitator dan problem-solving facilitator. Corporate communications juga menjalankan dua fungsi, yaitu fungsi manajemen dan fungsi komunikasi. Dari 9 area fungsi yang ada menurut Argenti, ada 5 area fungsi yang dijalankan oleh corporate communications Garuda Indonesia selama proses untuk bergabung dengan SkyTeam, yaitu identitas dan citra, tanggung jawab perusahaan (CSR), media relations, internal communications, dan crisis management. Dalam mengembangkan citra sebagai global player, upaya yang sudah dilakukan Garuda Indonesia adalah pergantian logo, seragam awak kabin, gedung manajemen baru, peningkatan servis, pengembangan jaringan penerbangan dan pelaksanaan partnership.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:25
Last Modified: 27 Jan 2023 02:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item