Analisis sistem antrian menggunakan metode simulasi: studi kasus tous les jours di mal living world alam sutera

Syamsudin, Nico (2017) Analisis sistem antrian menggunakan metode simulasi: studi kasus tous les jours di mal living world alam sutera. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (789kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN AWAL1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (942kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sistem antrian merupakan bagian penting dalam customer service yang sangat berpengaruh dalam kepuasan pelanggan dan pendapatan perusahaan. Sedangkan nyatanya masih banyak perusahaan yang tidak memikirkan manajemen sistem antriannya. Lamanya waktu tunggu konsumen dalam antrian di sebuah toko tentu bisa menjadi gambaran kondisi toko tersebut. Jika sebuah toko memiliki antrian yang terlalu panjang, konsumen akan merasa tidak tertarik untuk memasuki toko tersebut. Sedangkan jika toko tersebut tidak memiliki antrian, konsumen akan merasa bahwa toko tersebut tidak ramai dikunjungi orang. Intinya, antrian merupakan hal penting yang harus dikelola oleh perusahaan karena jika terlalu banyak ataupun terlalu sedikit bisa menjadi masalah yang harus diselesaikan. Hal ini umumnya disebabkan oleh banyaknya kasir yang melayani antrian tersebut. Terlalu banyak atau terlalu sedikit kasir seharusnya bisa diselesaikan jika dilakukan observasi terkait masalah tersebut. Utilisasi dari dua kasir yang terlalu kecil akan menambah biaya perusahaan jika ternyata antriannya bisa ditangani dengan satu kasir saja. Dengan observasi yang dilaksanakan selama satu minggu, penulis akan menampilkan data-data yang diperoleh beserta olahannya menggunakan rumusrumus dan simulasi dengan menggunakan perangkat lunak yaitu Arena. Berdasarkan data hasil olahan, penulis mendapatkan bahwa utilisasi dengan satu kasir lebih efektif daripada meggunakan dua kasir.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:00
Last Modified: 25 Nov 2022 06:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item