Pengaruh Kampanye #SuaraTanpaRokok Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Sikap dan Perilaku Merokok

Valian, Vito (2020) Pengaruh Kampanye #SuaraTanpaRokok Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Sikap dan Perilaku Merokok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (449kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada isu kebiasaan merokok di Indonesia yang sudah menjamur. Indonesia menduduki peringkat tertinggi negara dengan persentase perokok terbanyak di ASEAN. Hadirnya akun Instagram @suara_tanpa_rokok membantu memerangi rokok dengan cara melakukan kampanye #SuaraTanpaRokok di Instagram. Akun @suara_tanpa_rokok berisi tentang ajakan untuk berhenti atau mengurangi rokok, mengingatkan bahaya rokok, dan lainnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kampanye #SuaraTanpaRokok melalui konten akun media sosial Instagram @suara_tanpa_rokok terhadap sikap merokok followers akun media sosial Instagram @suara_tanpa_rokok serta mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye #SuaraTanpaRokok melalui konten akun media sosial Instagram @suara_tanpa_rokok terhadap sikap merokok followers akun media sosial Instagram @suara_tanpa_rokok. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif yang dilakukan dengan teknik survei online dengan membagikan kuesioner kepada 400 responden. Responden dari penelitian ini sendiri adalah pengikut akun Instagram @suara_tanpa_rokok yang dipilih secara acak. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konten media sosial dengan sikap pada perilaku merokok dan terdapat pengaruh sebesar 57,2% antara konten media sosial dengan sikap. Berdasarkan penelitian ini dapat diartikan bahwa kebaruan konten dalam akun Instagram @suara_tanpa_rokok sangat berpengaruh terhadap emosi followers akun Instagram @suara_tanpa_rokok dalam perilaku merokok.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: konten media sosial, sikap, rokok, kebiasaan merokok, kebaruan konten, emosi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 23:23
Last Modified: 23 May 2023 00:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14152

Actions (login required)

View Item View Item