Novita Hariyanti, Juni (2020) Strategi Event Management PT Bank X dalam Memberikan Edukasi Keuangan di Kalangan Milenial (Studi Kasus: Event Y). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (522kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (437kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (139kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Oleh: Juni Novita Hariyanti Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gaya hidup konsumtif yang dilakukan oleh generasi muda khususnya milenial yang mengakibatkan kurangnya pemahaman dalam mengatur finansial dengan baik. Hal ini yang membuat PT Bank X melakukan sebuah strategi untuk dapat memberikan edukasi mengenai keuangan di kalangan milenial. Edukasi ini menjadi sangat penting sehingga diperlukan sebuah strategi komunikasi yang sesuai dalam memberikan edukasi mengenai keuangan bagi generasi milenial. Strategi ini berupa penyelenggaraan event untuk mempertemukan dan menghasilkan interaksi antara PT Bank X dengan generasi milenial. Dalam penelitian ini menggunakan konsep event management dari Shone & Parry dalam model The Planning Process for Events Management. Ada pun penggunaan metodologi dalam penelitian ini yaitu menggunakan paradigma postpositivisitik, dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam bersama tiga informan, yang terdiri dari satu informan kunci dan dua infroman pendukung lainnya. Teknik keabsahan data yang digunakan berupa penjodohan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Bank X menggunakan event sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi keuangan ke generasi milenial. Dalam melaksanakan event untuk memberikan edukasi keuangan di kalangan milenial, PT Bank X menggunakan strategi event management dan menjalankan semua tahap yang terdapat dalam konsep Shone & Parry. Namun dalam pelaksanaan evaluasi masih terdapat kekurangan yaitu tidak melakukan evaluasi ke pengunjung melainkan hanya melakukan evaluasi bersama tim inti dan volunteer, serta beberapa influencer dan KOL yang hadir.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Strategi, Komunikasi, Event Management, Edukasi Keuangan, dan Milenial |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 23:00 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 06:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14186 |
Actions (login required)
View Item |