Strategi Marketing Public Relations Cinema XXI dalam Memasarkan Film Bertema Kekerasan Seksual (Studi Kasus: Film Bombshell)

Nurulita, Fadliyya Syifa (2020) Strategi Marketing Public Relations Cinema XXI dalam Memasarkan Film Bertema Kekerasan Seksual (Studi Kasus: Film Bombshell). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (122kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan bisa terjadi di mana saja terutama dalam ranah publik yang mencakup lingkungan kerja. Berbagai kalangan berusaha menyuarakan gerakan anti kekerasan pada anak dan perempuan lewat bermacam bentuk, salah satunya melalui film. Cinema XXI selaku distributor film dengan jaringan ritel bioskop terbesar di Indonesia mencoba memasarkan film Bombshell yang merupakan film berdasarkan kisah nyata dengan tema kekerasan seksual dalam lingkungan kerja. Film dengan tema seperti ini tergolong jarang diadaptasi, nilai-nilai yang dianut masyarakat condong pada sistem patriarki seringkali menyalahkan penyintas kekerasan seksual yang didominasi oleh perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Marketing Public Relations yang diadopsi oleh Cinema XXI dalam pemasaran film Bombshell. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat deskriptif dan metode studi kasus. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 1 partisipan dan 2 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cinema XXI telah menerapkan 7 Steps Strategic Planning Process yang dikemukakn oleh Whalen untuk merumuskan strategi dan taktik MPR mereka. 7 Steps Strategic Planning Process dimulai dari analisis situasi, menentukan tujuan, strategi, target, penentuan pesan, taktik, dan evaluasi. Hasil dari kampanye ini adalah untuk memenuhi target admisi selama periode penayangan film. Mengundang media dalam setiap kegiatan promosi film Bombshell. Mendapatkan liputan positif, dan membentuk persepsi dan mengedukasi penonton terkait dengan isu yang disajikan dalam film Bombshell. Dalam implementasinya penggunaan taktik publikasi dan Key Opinion Leaders dinilai paling dominan dalam menyebarkan kesadaran pesan kunci dan ajakan untuk menonton film Bombshell.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: 7 Steps Strategic Planning Process, Bombshell, Cinema XXI, Marketing Public Relations,
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 22:21
Last Modified: 28 Apr 2023 07:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item