Strategi Media Sosial Instagram Sea Soldier dalam Mendorong New Social Movement

Eltiany Josephine, Ruth (2020) Strategi Media Sosial Instagram Sea Soldier dalam Mendorong New Social Movement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (452kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (403kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sea Soldier merupakan sebuah lembaga swadaya masayarakat yang memiliki gerakan lingkungan dengan #SeaSoldier pada Instagram. Gerakan lingkungan Sea Soldier mengajak khalayak untuk melakukan aksi peduli lingkungan mulai dari diri sendiri melalui Instagram Sea Soldier (@SeaSoldier_). Sea Soldier memiliki empat program utama, yakni Bersihkan Warungku, Dolphin Soldier, Pohon atau Konservasi Mangrove, dan Pondok Pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media sosial Instagram yang dilakukan komunitas Sea Soldier dalam mendorong gerakan sosial baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Sebagai sebuah organisasi yang mendorong gerakan sosial baru, Sea Soldier menggunakan pendekatan keterikatan dengan anggota dan memaksimalkan pemasaran influencer pada kampanye di media sosialnya. Aktivasi yang sukses dilakukan Sea Soldier antara lain: strategi pengalaman gelang #SeaSoldier sebagai keterikatan dengan anggota, peran tanda pagar Sea Soldier di Instagram agar menjadi wadah bagi kegiatan dan audiens, dan upaya aktivasi lain seperti bakti sosial yang dilakukan dalam menanggapi isu becana, menjadikan Sea Soldier berhasil mendapatkan repson positif dari masyarakat. Hal ini terbukti dari peningkatan jumlah pengikut Instagram dan sukarelawan Sea Soldiers yang jumlahnya terus meningkat selama lima tahun terakhir. Yayasan Sea Soldier kini memiliki 14 regional, dan telah mendorong lebih dari 10.000 sukarelawan atau anggota tergabung yang tersebar di Indonesia untuk melakukan gerakan peduli lingkungan..

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Social Media Marketing, Influencer Marketing, Instagram, Sea Soldier
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 22:17
Last Modified: 17 Apr 2023 07:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item