Perancangan Kampanye Sosial untuk Mengurangi Risiko akibat Polusi Udara PM 2,5

Joseph Philip Rompas, Verrell (2019) Perancangan Kampanye Sosial untuk Mengurangi Risiko akibat Polusi Udara PM 2,5. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Udara bersih di dunia telah terkontaminasi oleh polusi, salah satu yang terburuk adalah di Jakarta. Polusi udara di luar ruangan memiliki beberapa polutan di dalamnya seperti SO2, O3, NO2, PM 2,5 dan PM 10, yang paling berbahaya adalah PM 2,5. Beberapa tahun belakangan, Jakarta tercatat sebagai salah satu kota dengan polusi udara PM 2,5 terburuk di dunia. Polutan tersebut dapat menimbulkan gejala-gejala penyakit yang mematikan baik ISPA, asma, bronkitis, kanker paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) maupun penyakit jantung dan stroke. Dinas Kesehatan Jakarta memprediksi beberapa penyakit saluran pernapasan ini akan terus meningkat. Untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit tersebut, dibutuhkan kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Penulis merancang kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran itu dengan memberikan informasi serta cara yang tepat dan dapat dilakukan untuk mengurangi risiko dari dampak polusi tersebut. Penulis memilih beberapa media baik media sosial, website, maupun poster sebagai strategi dalam kampanye ini. Penulis berharap kampanye ini dapat meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku dan kebiasaan para pembaca serta target sasaran sehingga menurunkan risiko beberapa penyakit tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: polusi, udara, PM 2,5, kampanye, ISPA
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 21:58
Last Modified: 26 Sep 2023 01:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item