Pengaruh Internal Brand Management terhadap Job Satisfaction & Brand Commitment serta Implikasinya terhadap Intention to Stay pada Karyawan Divisi Merchandising & Marketing di PT Matahari Department Store Tbk

Silvani, Regita (2020) Pengaruh Internal Brand Management terhadap Job Satisfaction & Brand Commitment serta Implikasinya terhadap Intention to Stay pada Karyawan Divisi Merchandising & Marketing di PT Matahari Department Store Tbk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (578kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN_AWAL (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Industri ritel sangat erat kaitannya dengan industri yang mengambil banyak sumber daya manusia. Seperti halnya PT Matahari Department Store Tbk yang bergerak di industri fesyen ritel, sumber daya manusianya cukup banyak, sehingga turnover di perusahaan khususnya pada divisi merchandising & marketing, menjadi tinggi. Pada tahun 2018, turnover karyawan sebesar 23%. Hal ini menyatakan bahwa intention to stay karyawan di perusahaan rendah. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti apa saja faktor � faktor yang mempengaruhi intention to stay karyawan di divisi merchandising & marketing di PT Matahari Department Store Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terhadap pengaruh positif antara internal brand management terhadap brand commitment, internal brand management terhadap job satisfaction dan melihat apakah brand commitment bisa menjadi mediasi antara job satisfaction dan intention to stay. Hal ini berguna untuk melihat faktor � faktor yang berpengaruh terhadap intention to stay pada karyawan divisi merchandising & marketing PT Matahari Department Store Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik judgmental dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan divisi merchandising & marketing PT Matahari Department Store Tbk. Data yang telah diolah menggunakan metode structural equation modelling (SEM) menggunakan software AMOS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara internal brand management dan brand commitment, terdapat pengaruh positif antara internal brand management dan job satisfaction serta brand commitment yang menjadi pengaruh negatif antara variabel job satisfaction dan intention to stay pada karyawan divisi merchandising & marketing PT Matahari Department Store Tbk yang dibuktikan dengan data � data yang terkait uji hipotesis. Maka dari itu, perusahaan perlu memberikan perhatian lebih untuk karyawan, seperti memaksimalkan internal brand management, meningkatkan job satisfaction dan brand commitment karyawan di perusahaan, supaya intention to stay karyawan menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Internal Brand Management, Job Satisfaction, Brand Commitment, Intention to Stay, ritel
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 21:13
Last Modified: 28 Jun 2023 08:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14335

Actions (login required)

View Item View Item