Studi Pemanfaatan Sistem Data Terintegrasi Terhadap Payload Fuel Energy Intensity (PFEI) di PT Garuda Indonedia (persero) Tbk

Dharma, Steven Mulia (2019) Studi Pemanfaatan Sistem Data Terintegrasi Terhadap Payload Fuel Energy Intensity (PFEI) di PT Garuda Indonedia (persero) Tbk. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Semakin tinggi bahan bakar pesawat yaitu avtur menyebabkan industri penerbangan dan maskapai memikirkan cara untuk menaikan efisiensi bahan bakar. Efisiensi bahan bakar pesawat dapat dilihat dari berbagai aspek. Penerbangan adalah salah satu jenis transportasi yang dapat membawa penumpang dan juga barang secara bersamaan dalam satu pesawat maka aspek efisiensi bahan bakar berhubungan dengan beban yang dapat di transportasikan pesawat tersebut. Jika pesawat membawa beban jauh lebih kecil dari kemampuan maksimal yang dapat dibawa, maka pesawat tidak efisien membawa beban. Payload Fuel Enegy Intensity (PFEI) adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk mengukur intensitas energi yang dikonsumsi untuk mentransportasikan beban yang dibawa. Variabel yang terdapat pada PFEI adalah jumlah energi yang dibandingkan dengan jumlah beban dikali jarak. Variabel dalam PFEI dapat diperoleh dari data penerbangan sehari-hari yang dilakukan oleh maskapai. Perhitungan PFEI di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dilakukan dengan memanfaatkan data terintergrasi dalam bentuk spreadsheet dan membandingkan PFEI pesawat Airbus 330-200 dan Boeing 737-800 dengan rute Cengkareng Hongkong. Proses pengolahan menggunakan perangkat lunak Microsoft Office Excel. Perbandingan antara dua PFEI menghasilkan bahwa pesawat Airbus 330-200 membutuhkan 2.07 MJ energi lebih besar untuk membawa satu kilogram beban sejauh satu kilometer dibandingkan dengan pesawat Boeing 737-800.

Item Type: Thesis (Internship)
Subjects: 500 Science and Mathematic > 510 Mathematics > 519 Probabilities and Applied Mathematics
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 620 Engineering and Applied Operations > 620.1 Mechanical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Engineering Physics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 04:30
Last Modified: 07 Nov 2022 07:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

View Item View Item