Perancangan Kampanye Sosial Ajakan Naik Transportasi Umum untuk Warga DKI Jakarta

Marcelliani, Marcelliani (2020) Perancangan Kampanye Sosial Ajakan Naik Transportasi Umum untuk Warga DKI Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (902kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (631kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (800kB)

Abstract

Dewasa ini, transportasi umum di DKI Jakarta semakin berkembang. Akan tetapi mayoritas warga DKI Jakarta lebih memilih penggunaan kendaraan pribadi karena alasan kenyamanan dan keamanan. Oleh karena itu kemacetan masih terus terjadi. Selain kemacetan, penggunaan kendaraan pribadi menyebabkan bengkaknya subsidi BBM pemerintah, kebutuhan waktu yang lebih banyak di jalan dan pembakaran emisi yang buruk bagi udara Jakarta membahayakan warganya. Berdasarkan pencarian dan pengumpulan data ini didapatkan bahwa hanya 25% warga DKI Jakarta yang naik transportasi umum. Dalam perancangan, digunakan strategi AISAS. Sehingga kampanye sosial dapat dirancang dengan tahapan yang benar dan terstruktur. Adapun kampanye sosial ini dibuat agar mengubah kebiasaan bertransportasi pada warga DKI Jakarta. Pesan kampanye akan menyampaikan kelebihan transportasi umum dan kelemahan kendaraan pribadi. Ketika banyak warga DKI Jakarta yang beralih ke transportasi umum, maka kendaraan pribadi di jalan berkurang. Hal ini menyebabkan kemacetan dapat terurai, uang yang tadinya untuk subsidi BBM dapat dialihkan ke sektor lain sehingga membantu pembangunan negara dan udara sehat bagi kelangsungan hidup masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: macet, transportasi umum, DKI Jakarta,
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 20:49
Last Modified: 03 Oct 2023 05:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14369

Actions (login required)

View Item View Item