Strategi Customer Relationship Management Blanja.com kepada Seller SME Rumah Kreatif BUMN dalam Pembentukan Customer Satisfaction

Violes, Violes (2020) Strategi Customer Relationship Management Blanja.com kepada Seller SME Rumah Kreatif BUMN dalam Pembentukan Customer Satisfaction. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (973kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (328kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Hadirnya internet telah merubah pola perilaku manusia, dan ini menginisiasi semakin banyak munculnya e-commerce di Indonesia, salah satunya yaitu Blanja.com. Peneliti tertarik untuk membahas program CRM yang dilakukan Blanja.com karena CRM merupakan sebuah program yang kreatif dan dapat dilaksanakan oleh perusahaan untuk mempertahankan atau memberi kepuasan kepada konsumen, seperti yang diberikan oleh Blanja.com kepada seller SME berupa seller training dan promotion. Peneliti menjabarkan kegiatan CRM yang yang dilakukan oleh Blanja.com dengan model IDIC dari Peppers dan Rogers, dan kemudian semuanya diukur dengan landasan Relationship Theory dari Peppers dan Rogers. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik dan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam dengan satu informan kunci dan empat informan, yang mana mereka memiliki kepentingan yang berbeda dalam strategi CRM ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi CRM yang dilakukan oleh Blanja.com kepada seller SME RKB dalam bentuk seller training dan promosi yang diberikan oleh Blanja.com dapat membentuk customer satisfaction. Ke depannya, peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi Blanja.com untuk terus mengembangkan program CRM yang sudah ada untuk seller SME RKB.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Customer Relationship Management, e-commerce, kepuasan pelanggan, Usaha Kecil Menengah, BUMN
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 173 Ethics of family relationships
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 20:33
Last Modified: 19 Jun 2023 07:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item