Violes, Violes (2020) Strategi Customer Relationship Management Blanja.com kepada Seller SME Rumah Kreatif BUMN dalam Pembentukan Customer Satisfaction. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Hadirnya internet telah merubah pola perilaku manusia, dan ini menginisiasi semakin banyak munculnya e-commerce di Indonesia, salah satunya yaitu Blanja.com. Peneliti tertarik untuk membahas program CRM yang dilakukan Blanja.com karena CRM merupakan sebuah program yang kreatif dan dapat dilaksanakan oleh perusahaan untuk mempertahankan atau memberi kepuasan kepada konsumen, seperti yang diberikan oleh Blanja.com kepada seller SME berupa seller training dan promotion. Peneliti menjabarkan kegiatan CRM yang yang dilakukan oleh Blanja.com dengan model IDIC dari Peppers dan Rogers, dan kemudian semuanya diukur dengan landasan Relationship Theory dari Peppers dan Rogers. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik dan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam dengan satu informan kunci dan empat informan, yang mana mereka memiliki kepentingan yang berbeda dalam strategi CRM ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi CRM yang dilakukan oleh Blanja.com kepada seller SME RKB dalam bentuk seller training dan promosi yang diberikan oleh Blanja.com dapat membentuk customer satisfaction. Ke depannya, peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi Blanja.com untuk terus mengembangkan program CRM yang sudah ada untuk seller SME RKB.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Customer Relationship Management, e-commerce, kepuasan pelanggan, Usaha Kecil Menengah, BUMN |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 173 Ethics of family relationships 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 20:33 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 07:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14394 |
Actions (login required)
View Item |