Wicaksana, Mahesa Lintang (2014) Representasi budaya konsumerisme dalam lagu belanja terus sampai mati (studi semiotik ferdinand de saussure). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (742kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (662kB) | Preview |
Abstract
Budaya konsumerisme merupakan identitas diri yang menjadi sebuah refleksi dari "gaya hidup" yang berkaitan erat dengan merek, produk, serta dengan sikap dan perilaku terkait dengan di mana kita berbelanja, bagaimana kita membeli, dan apa yang kita makan, pakai, serta konsumsi. Dengan kata lain,budaya konsumerisme juga merupakan budaya belanja yang proses perubahan dan perkembangbiakannya didorong oleh hasrat dan keinginan, ketimbang dengan kebutuhannya Tujuan dari skripsi ini adalah melihat representasi budaya konsumerisme dalam lagu “Belanja Terus Sampai Mati” dari band Efek Rumah Kaca. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif, dan menggunakan analisis semiotika dari Ferdinand de Saussure. Instrumen dari penelitian ini merupakan lirik dari lagu tersebut. Analisis semiotika ini dilihat dari penanda dan petanda yang terdapat dari lirik tersebut serta didukung dengan analisis form dan content yang ada. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa representasi budaya konsumerisme dalam lagu ini terjadi di dalam masyarakat urban dimana masyarakat seringkali membelanjakan sesuatu tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Hasrat dalam membeli suatu barang hanya untuk memuaskan keinginan di dalam diri mereka. Faktor lingkungan serta zaman merupakan salah satu penyebab masyarakat membeli suatu barang karena suatu trend yang terjadi di dalam lingkungannya. Akibatnya, rasa bangga akan diri sendiri memicu diri mereka ke dalam rasa angkuh dan ingin diakui oleh orang-orang di sekitarnya dan termakan oleh budaya konsumerisme itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture) 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 390 Customs, Etiquette, Folklore, Local Culture 700 Arts and Recreation > 780 Music > 780 Music |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 07:36 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:52 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1440 |
Actions (login required)
View Item |