Perancangan Kampanye Komersial Bela Diri Wing Chun untuk Wanita

Liliani, Liliani (2019) Perancangan Kampanye Komersial Bela Diri Wing Chun untuk Wanita. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (898kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (829kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (973kB)

Abstract

Meningkatnya kasus kejahatan pada perempuan pada tahun 2018 menurut Catatan Tahunan Komisi Nasional Perempuan (Komnas Perempuan) menjadikan hal ini bukanlah masalah sepele belaka. Perlu adanya tindakan preventif agar para wanita dapat melindungi diri mereka dari tindak kejahatan seperti membekali diri dengan bela diri. Salah satu bela diri yang dapat dijadikan pilihan adalah wing chun. Gerakan wing chun yang ringkas dan efisien tepat dijadikan sebagai bela diri untuk wanita. Namun, pada kenyataannya praktisi wing chun wanita tidaklah banyak. Kurangnya pemahaman lebih dalam mengenai wing chun dan stereotip masyarakat yang menganggap bela diri lebih umum dilakukan oleh para pria. Oleh karena itu, perlu dilakukannya kampanye mengenai wing chun sebagai bela diri untuk wanita sebagai bentuk komunikasi efektif kepada masyarakat terutama wanita. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dan wawancara dengan pihak-pihak terkait mengenai wing chun. Perancangan desain dilakukan dalam lima tahap menurut Landa yaitu: orientasi, analisis, konsep, desain, dan implementasi. Ide kampanye ialah wing chun bagaikan sosok ibu yang melindungi dan membuat rasa nyaman. Media utama yang digunakan adalah poster serta media pendukung lainnya yaitu website, media sosial, web ads, hanging alley, dan merchandise. Tujuan dilakukannya kampanye ini adalah para wanita lebih memahami wing chun dan tertarik mempelajarinya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: bela diri, kampanye, wanita, wing chun
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 796 Athletic (Gymnastics, Weight Lifting) and Outdoor Sports and Games > 796.8 Martial Arts
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 20:22
Last Modified: 03 Oct 2023 01:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14410

Actions (login required)

View Item View Item