Perancangan Kampanye Sosial Edukasi Batasan Sharenting untuk Orang Tua

Natasya, Gabriela (2019) Perancangan Kampanye Sosial Edukasi Batasan Sharenting untuk Orang Tua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (411kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sharenting adalah tindakan membagikan informasi tentang anak di media sosial baik berupa tulisan, foto, atau video oleh orang tua. Fenomena ini cukup banyak terjadi di Indonesia. Namun, tidak semua informasi mengenai anak aman untuk dibagikan di media sosial, yaitu identitas pribadi anak meliputi nama dan tanggal lahir serta dokumentasi ketika anak sedang mandi, berenang, mengenakan seragam sekolah, dan informasi mengenai lokasi anak karena dapat menimbulkan berbagai resiko seperti penculikan, pencurian identitas, penyalahgunaan foto di dunia maya, hingga tindak kejahatan oleh pedofil. Tetapi, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis terhadap orang tua yang berusia 21-34 tahun di wilayah Jakarta dalam bentuk kusioner serta wawancara, orang tua masih membagikan informasi-informasi mengenai anak yang tidak aman untuk dibagikan meskipun telah mengetahui resiko-resiko yang dapat terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua berada dalam tahapan kontemplasi yang berarti telah mengetahui resiko yang akan diperoleh dari kebiasaannya namun belum memiliki komitmen untuk melakukan perubahan. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah kampanye sosial untuk mengedukasi orang tua mengenai batasan dalam sharenting agar dapat melindungi anak dari resiko yang dapat terjadi dengan menyampaikan pesan bahwa setiap momen anak dapat dibagikan dengan cara yang lebih aman.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media sosial, keamanan anak, sharenting
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 20:17
Last Modified: 04 Oct 2023 01:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item