Strategi Komunikasi Komunitas Manusaya dalam Melaksanakan Program Sosial (Studi Kasus Program Sosial Titik Balik dan Kelas Pemenang)

Valerie, Valerie (2020) Strategi Komunikasi Komunitas Manusaya dalam Melaksanakan Program Sosial (Studi Kasus Program Sosial Titik Balik dan Kelas Pemenang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (217kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Oleh: Valerie Lie Hal-hal mengenai pudarnya rasa kemanusiaan sering kali ditemukan melalui kasuskasus kekerasan dan stigma negatif yang terjadi di tengah masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh komunitas Manusaya dalam upaya #MemanusiakanManusia yang direalisasikan melalui program sosialnya. Konsep penelitian ini mengacu pada kampanye dari Cutlip, Center & Broom yang terdiri atas tahapan Defining PR Problems, Planning and Programming, Taking Action and Communicating, dan Evaluating the Program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data primer didapatkan melalui wawancara mendalam kepada empat orang yang menjadi narasumber penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan komunitas Manusaya telah mengikuti kaidah konsep yang ada berdasarkan strategi dan taktik yang mereka gunakan. Pelaksanaan kampanye menggunakan online media dan berkolaborasi dengan komunitas eksternal lainnya dalam pengembangan program. Evaluasi yang dilakukan melalui dua tahap yaitu evaluasi yaitu evaluasi rutin dan evaluasi keseluruhan. Saran penelitian ini adalah komunikasi yang dilakukan komunitas Manusaya dapat lebih bervariatif dan informatif sehingga mudah dipahami oleh pada pemangku kepentingan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, Program Sosial, Strategi Komunikasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 20:10
Last Modified: 22 May 2023 02:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14428

Actions (login required)

View Item View Item