Nabilla Adzani, Princess (2019) Optimalisasi Total Biaya dengan Metode Cost Index pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (916kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (979kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Oleh: Princess Nabilla Adzani Dewasa ini, pemecahan masalah skala besar untuk mengurangi ketergantungan industri penerbangan terhadap bahan bakar minyak masih sulit ditemukan. Penggunaan bahan bakar pesawat yang tidak terkontrol tentunya membebani dalam segi biaya, sumber cadangan bahan bakarnya, dan kekhawatiran akan dampak emisi gas rumah kaca (GRK) ke lingkungan. Kendati demikian, maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus mencari langkah-langkah yang tepat dan terukur untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Meskipun solusi yang diberikan hanya memberikan peningkatan kecil dalam efisiensi bahan bakar, peningkatan ini berpengaruh penting dalam jangka waktu panjang. Optimalisasi penggunaan cost index (CI) menjadi salah satu solusi permasalahan ini. Penyeimbangan antara time-related cost dan fuel cost yang mengontrol kecepatan pesawat untuk mencapai waktu penerbangan yang paling ekonomis. Walaupun konsepnya sederhana, pada kenyataannya menyeimbangkan kedua biaya ini dapat keliru. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan CI yang tepat dapat memengaruhi penggunaan bahan bakar pesawat dan emisi GRK serta menemukan nilai CI yang optimal. Walaupun hasil menunjukan bahwa dengan mengubah nilai CI hanya berpengaruh kecil terhadap penggunaan bahan bakar sekitar 1% dan total biaya penerbangan untuk satu rute tertentu, tetapi jika diaplikasikan pada lebih dari satu rute menunjukan nilai penghematan bahan bakar dan penurunan emisi GRK yang signifikan. Oleh karena itu, penggunaan nilai CI yang tepat perlu dipertimbangkan sebagai suatu alat penting dan perlunya pemahaman yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | bahan bakar, cost index, emisi GRK |
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 333 Economics of Land and Energy > 333.7 Natural Resources and Energy, Environment 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering (Aerospace, Aviation, Astronautics, Robotics) |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Engineering Physics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 08:30 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:27 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14462 |
Actions (login required)
View Item |