Pengaruh Content Marketing Shopee Live terhadap Customer Engagement

Ratanattaya Jaya Mangalani, Wiranti (2020) Pengaruh Content Marketing Shopee Live terhadap Customer Engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (488kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH CONTENT MARKETING SHOPEE LIVE TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT Oleh : Wiranti Ratanattaya Jaya Mangalani Shopee Live merupakan sebuah fitur baru dalam aplikasi e-commerce Shopee yang ditujukan sebagai sarana promosi dan interaksi yang lebih erat antara Shopee dengan konsumennya yang disebut dengan Sobat Shopee. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh content marketing Shopee Live sebagai variabel independen terhadap customer engagement sebagai variabel dependen. Teori Elaboration Likelihood Model digunakan sebagai acuan teori, yang menjelaskan mengenai proses penerimaan dan pengolahan informasi khususnya yang bernada persuasi pada seorang individu, serta menggunakan konsep content marketing dan customer engagement. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 255 responden yang merupakan pengguna aplikasi Shopee dan pernah menonton Shopee Live. Sampel ditarik menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hipotesis kemudian diuji menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh content marketing Shopee Live terhadap customer engagement sebesar 52.5%, hal ini menunjukkan bahwa konten Shopee Live menarik, relevan dan bermanfaat sehingga memperoleh nilai keterlibatan yang cukup besar. Dapat disimpulkan bahwa content marketing Shopee Live berpengaruh signifikan terhadap customer engagement, oleh sebab itu content marketing Shopee Live harus senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan agar customer engagement yang dihasilkan juga semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Content marketing, Customer engagement, Elaboration Likelihood Model, Shopee Live
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 18:50
Last Modified: 04 May 2023 07:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14546

Actions (login required)

View Item View Item