Devina, Gabriela (2020) Analisis Isi Self-Representation BTP Melalui Media Sosial Instagram @Basukibtp (dalam Periode 17 Januari 2019 – 7 Mei 2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (456kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (132kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Basuki Tjahaja Purnama adalah mantan Gubernur DKI Jakarta menggantikan Jokowi sejak 19 November 2014 untuk periode 2012-2017. BTP mulai membangun sebuah Self-representation baru melalui pengubahan nama panggilannya dari Ahok menjadi BTP setelah keluar dari sel tahanan untuk kasus penistaan agama. Perubahan Self-representation ini dilakukan BTP untuk menunjukkan dirinya yang sudah berubah menjadi lebih baik setelah meng-introspeksi arogansi dirinya selama menjadi Ahok, yaitu BTP dengan citra baru yang lebih positif ditempat ia bekerja dan dengan personal lifenya yang baru bersama keluarga kecilnya. Maraknya penggunaan media sosial Instagram membuat BTP menjadikannya platform untuk self-representationnya sebagai BTP dengan cara menarik yaitu melalui gambar, video, dan audio pendukung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara BTP untuk membangun self-representation melalui media sosial Instagram. Penelitian ini melakukan analisis data pada unggahan Instagram berupa foto dan gambar ilustrasi dalam periode 17 Januari 2019- 15 Mei 2020 dengan menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif melalui unit analisis yang terdiri dari number of people, pose, clothing, type of shot, privatization, mobilization, visibility. Berdasarkan hasil analisis, self-representation BTP adalah sosok yang mencintai keluarga dan mempunya karir yang baik dengan banyak prestasi. BTP menunjukkan kehidupan personalnya tanpa memungkiri kehidupan profesionalnya sebagai Komisaris Utama Pertamina, anggota partai politik PDIP dan lainnnya. BTP yang sederhana tanpa suatu self-representation yang terlalu diatur, jadi dibiarkan mengalir dan telihat lebih menunjukkan keaslian (orisinalitas) terlihat dari pose dan pakaian yang dibiarkan natural tanpa ada salah satu yang dominan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | BTP, self-representation, Instagram |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 17:46 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 05:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14638 |
Actions (login required)
View Item |