Wijaya, Melisa (2014) Makna ritual kematian etnis tionghoa di pontianak (kajian etnografi komunikasi pada masyarakat etnis tionghoa di pontianak). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Komunikasi dalam menjalin hubungan dalam kelompok ialah komunikasi ritual, dimana berfungsi untuk penegasan akan identitas kelompok. Ritual kematian sebagai kegiatan simbolis, diturunkan generasi ke generasi berisikan nilai dan kepercayaan, dilakukan guna menghadapi krisis dalam kehidupan. Masyarakat etnis Tionghoa di Pontianak sebagai kelompok perantauan masih memegang teguh tradisinya, termasuk ritual kematiannya masih dijalankan menurut pada warisan nenek moyang. Berdasar dari Teori Interaksi Simbolik, suatu perilaku didasari oleh makna pada simbol, termasuk pada ritual kematian. Berangkat dari teori ini sebagai latar belakang fenomena, dirumuskanlah penelitian kualitatif ini. Penelitian ini mengkaji makna dan pola pembahasaan ritual kematian etnis Tionghoa di Pontianak melalui metode etnografi komunikasi, yaitu deskripsi-kisah atau laporan tertulis mengenai suatu kelompok yang tujuannya untuk menggambarkan realitas sosial suatu kelompok yang kajiannya pada perilaku-perilaku komunikasi yang melibatkan bahasa dan budaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, serta studi pustaka. Hasil penelitiannya berupa pemahaman masyarakat etnis Tionghoa dalam memaknai ritual kematiannya mulai dari Je Sin, Chi Se, dan Khia Seng.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture) 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 390 Customs, Etiquette, Folklore, Local Culture |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 10:05 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1466 |
Actions (login required)
View Item |