Representasi Ilusi Semu Kesetaraan Jender dalam Iklan GrabCar #AmanUntukSemua

Wiranito, Nico (2020) Representasi Ilusi Semu Kesetaraan Jender dalam Iklan GrabCar #AmanUntukSemua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (363kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (411kB)

Abstract

Oleh : Nico Wiranito Adanya gerakan Feminisme mengubah image perempuan dalam iklan dan tuntutan adanya kesetaraan jender dalam kehidupan masyarakat. Pada era sebelum munculnya gerakan Feminisme, perempuan dianggap sebagai makhluk yang tidak setara dengan laki-laki. Anggapan ini juga tertanam pada iklan yang pada umumnya menyoroti perempuan pada segi penampilan saja. Penelitian ini menguak bentuk representasi kesetaraan jender di dalam iklan GrabCar #AmanUntukSemua!. Paradigma yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui simbol merepresentasikan kesetaraan jender dalam iklan GrabCar #AmanUntukSemua! dan untuk mengetahui pemahaman para pelaku industri periklanan terkait isu kesetaraan jender. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Semiotika. Penelitian ini menggunakan model analisis Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini adalah iklan merepresentasikan Kesetaraan Jender dalam rupa perempuan dapat memiliki pekerjaan dan karier yang setara dengan laki-laki. Akan tetapi Kesetaraan Jender yang ditampilkan dalam iklan adalah sebuah representasi yang semu sebab iklan pada akhirnya masih menunjukkan perempuan sebagai makhluk yang dihargai dari segi penampilan dan masih membutuhkan laki-laki yang menjamin keselamatan dan keamanan mereka saat beraktivitas di malam hari.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kesetaraan jender, iklan, representasi, semiotika, Roland Barthes
Subjects: 900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 912 Graphic Representations of Surface of Earth and of Extraterrestrial Worlds
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:24
Last Modified: 13 May 2023 07:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item View Item