Representasi Pria Metroseksual dalam Iklan Laneige Homme Ft. Park Seo Joon: Analisis Semiotika Roland Barthes

Corina Kurniawan, Cheryl (2020) Representasi Pria Metroseksual dalam Iklan Laneige Homme Ft. Park Seo Joon: Analisis Semiotika Roland Barthes. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (505kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (345kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (459kB)

Abstract

Oleh: Cheryl Corina Kurniawan Perkembangan zaman turut memengaruhi penggunaan media sosial dalam beriklan. Iklan berkontribusi terhadap perkembangan gaya hidup dalam masyarakat, khususnya dalam tren kecantikan, yang kini tidak hanya melekat pada identitas wanita, tetapi juga pria. Hal ini ditandai dengan perkembangan industri kecantikan pria secara global, dengan Korea Selatan yang menjadi pemimpin dalam industri perawatan tubuh pria di Asia Pasifik. Korean Wave, yang bisa ditandai dengan penampilan boy band Korea Selatan yang diadopsi oleh boy band Indonesia merupakan hal yang memengaruhi perkembangan pria metroseksual di Indonesia. Iklan dari brand perawatan kulit pria Korea Selatan, Laneige Homme juga secara tidak langsung mempersuasi pria untuk lebih memperhatikan penampilannya. Iklan ini juga merepresentasikan gaya hidup dengan menanamkan secara halus terkait pentingnya citra diri untuk tampil di depan umum. Oleh karena itu, digunakanlah analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis tanda-tanda sesuai dengan konteks budaya Korea, melalui pembacaan lima kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi pria metroseksual Korea Selatan dapat dilihat berdasarkan tanda yang muncul dalam iklan tersebut, terutama melalui kode budaya. Pria metroseksual Korea Selatan ditandai melalui gaya hidup kota (big city living), dilihat dari aktivitas olahraga, konsumsi kopi dan mobil. Cara berpakaian juga sangat diutamakan karena dapat memengaruhi emosi positif dan kesuksesan sosial (positive style maker). Nilai kecantikan juga mendorong mereka untuk lebih peduli terhadap penampilannya (favoring feminine looks). Penampilan memegang peranan yang sangat penting sehingga mendorong mereka untuk lebih memperhatikan penampilan dan gaya berpakaiannya (caring for appearance and fashion style). Selain itu, pria metroseksual Korea Selatan juga menunjukkan perilaku narsis dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Budaya, iklan, Korea Selatan, maskulinitas, pria metroseksual, representasi, Roland Barthes dan semiotika
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:16
Last Modified: 17 Apr 2023 03:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14676

Actions (login required)

View Item View Item